Mental Juara Jadi Penyebab Anthony Joshua Kalah dari Usyk di Pertarungan Pertama, Pelatih: Sekarang Dia Dipersiapkan untuk Menang
Petinju asal Inggris, Anthony Joshua. (FOTO/IG @anthonyjoshua)

Bagikan:

JAKARTA - Anthony Joshua bakal berhadapan lagi dengan Oleksandr Usyk pada Agustus mendatang di Arab Saudi. Sebelumnya, Joshua harus mengakui keunggulan Osyk di Stadion Tottenham, September lalu.

Namun, kali ini, petinju asal Inggris itu bakal membalasnya.

Hal ini yang disampaikan pelatih baru Joshua, Robert Garcia. Dia menyebut, kekalahan Joshua pada pertemuan pertama karena sang petinju tak dipersiapkan untuk menang.

"Anda tahu? Saya pikir dia (Anthony Joshua) tidak berpikir dan bersiap untuk memenangkan pertarungan. Dari apa yang dia katakan kepada saya, dia hanya berpikir untuk melakukan 12 ronde," kata Robert Garcia kepada SecondOut, dikutip The Sun.

"Dia tidak pernah berpikir, 'Saya harus memenangkan pertarungan. Saya hanya perlu menjalani 12 ronde.' Jadi itu membuat perbedaan besar."

Namun, Garcia mengaku telah menanamkan mental seorang pemenang kepada Joshua.

"Sekarang, dia berpikir untuk menang dan berpikir untuk menyakiti seseorang. Itu yang paling penting. Dia harus percaya diri dengan timnya," lanjut sang pelatih.

Sang pelatih mengklaim, mantan juara kelas berat itu kini telah meningkat secara signifikan, baik dari segi fisik, mental maupun skill.

"Minggu demi minggu, kami melihat banyak peningkatan pada Anthony Joshua dan lima minggu tersisa dari latihan keras. Dia akan menjadi lebih baik dan lebih baik, jadi pada saat pertarungan tiba, dia akan siap 100 persen,” klaim Robert Garcia.

Meki demikian,Robert Garcia tetap menekankan bahwa sebagai pelatih ia juga mesti memberi dorongan pada Joshua untuk terus membangkitkan mental pemenangnya.

"Dia harus bersama tim yang ingin dia menang, ingin dia tampil, dan ingin dia sedikit lebih tangguh. Saya pikir itulah yang saya bawa,” jelas sang pelatih semangat.

“Saya dan Angel Fernandez mendorongnya untuk menjadi agresif, menjadi pria yang kejam di atas ring, untuk menyakiti siapa pun di depannya. Dia telah melakukan itu akhir-akhir ini, dan saya sangat senang dan senang dengan apa yang terjadi,” pungkas Robert Garcia.

Sebelum menunjuk Garcia jadi pelatih, seminggu sebelumnya Anthony Joshua secara eksklusif memberi tahu SunSport bagaimana dia memecat mantan pelatih Rob McCracken. Itu ia lakukan dengan alasan karena pelatih lamanya tidak memberi nasihat yang tepat.