Manjakan Penggemar Sepak Bola, FIFA Luncurkan Inovasi Baru Berupa Plaform <i>Streaming</i> Fifa+
Fifa+ platform streaming untuk manjakan fans sepak bola. (FOTO/INSTAGRAM @fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA - Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) bakal memasuki pasar streaming sepak bola. Platform sepak bola tersebut bakal menyiarkan 1.400 pertandingan live setiap awal bulan dan film-film dokumenter.

Platform bertajuk Fifa+ itu diperkenalkan induk sepak bola internasional tersebut pada Selasa, 13 April kemarin. Fifa+ nantinya akan menyediakan akses gratis ke semua pertandingan dari seluruh penjuru dunia.

Selain itu, di platform yang sama, penikmat sepak bola bisa mengakses berbagai macam berita, informasi turnamen, dan konten video inovatif. Semua konten itu termasuk sepak bola wanita.

"Fifa+ merepresentasi langkah selanjutnya dalam visi kami untuk membuat sepak bola benar-benar global dan inklusif, dan itu mendukung misi inti FIFA untuk memperluas dan mengembangkan sepak bola secara global," kata presiden FIFA Gianni Infantino dalam sebuah pernyataan dikutip The National.

"Proyek ini merepresentasikan pergeseran budaya dalam cara berbagai penggemar sepak bola ingin menonton dan mengeksplorasi pertandingan global dan telah menjadi bagian fundamental dari Visi 2020-2023 saya. Proyek ini akan mempercepat demokratisasi sepak bola dan kami senang untuk membaginya dengan para penggemar," Infantino melanjutkan.

Dalam keterangan lebih lanjut FIFA mengatakan, pada akhir tahun ini mereka akan menayangkan sekitar 40 ribu pertandingan langsung per tahun dari 100 asosiasi anggota di enam konfederasi. Jumlah itu termasuk 11 ribu pertandingan sepak bola wanita, serta liputan siaran langsung dari liga papan atas Eropa.

FIFA juga menyebut, platform mereka menyiarkan kembali semua pertandingan Piala Dunia FIFA dan Piala Dunia Wanita Piala Dunia yang pernah direkam kamera sebelum Piala Dunia di Qatar akhir tahun ini. Total sebanyak lebih dari dua ribu jam konten arsip, termasuk 2.500 video yang berasal dari tahun 1950-an.

”Fifa+Originals” akan membentuk komponen kunci lain dari platform ini. Komponen itu terdiri dari film dokumenter, dokumenter, talk show, dan film pendek yang lengkap.

Beberapa konten yang tersedia berfokus pada duo legenda Brasil Ronaldo dan Ronaldinho, kemudian legenda Belanda Johan Cruyff, pemenang Piala Dunia Prancis Zinedine Zidane dan Roberto Baggio dari Italia. Di dalamnya juga ada pesepak bola top wanita Lucy Bronze, Carli Lloyd dan Sam Kerr.