Tim Finswimming Indonesia Dipatok Raih 3 Medali Emas SEA Games Hanoi 2021
Ilustrasi finswimming  (Instagram @pb_possi)

Bagikan:

JAKARTA – Tim finswimming Indonesia sudah diberikan target untuk SEA Games Hanoi 2021. Mereka dipatok membawa pulang tiga medali emas dari ajang dua tahunan di kawasan Asia Tenggara itu.

Kepala Pelatih Finswimming Mokhamad Riyad mengatakan bahwa salah satu target emas berada di nomor 50 meter surface putra. Nomor ini menempati ranking enam dunia dari hasil terakhir pada Desember lalu.

"Kemudian 100m putri, dan satu lagi 100m di fin. Yang menjadi target kami adalah dua nomor surface dan satu nomor fin," kata Riyad di sela-sela kunjungan Chief de Mission (CdM) Indonesia di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno pada Senin, 4 Maret 2022.

Tim finswimming rencananya akan bertolak ke Jerman untuk melaksanakan try-out. Mereka bakal kembali ke tanah air terlebih dulu sebelum bertolak ke Vietnam.

Deputi I Tim CdM Indonesia Teuku Arlan Perkasa Lukman meyakini finswimming merupakan olahraga yang potensial terutama mengingat basisnya merupakan olahraga renang.

"Basisnya banyak, kita punya banyak atlet yang bisa melakukan “penjurusan” baik itu ke cabang olahraga polo air, atau finswimming, dan masih banyak lagi. Jadi kalau anak kecil menekuni renang, ia tidak harus menjadi perenang, bisa menjadi atlet finswimming," katanya.

Finswimming terakhir dipertandingkan pada SEA Games 2011 lalu yang digelar di Jakarta dan Palembang. Saat itu Indonesia meraih 17 medali (7 emas, 8 perak, dan 2 perunggu).

Peserta finswimming selama ini hanya Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand, Filipina, dan Indonesia. Meski demikian, kemungkinan di tahun ini Singapura dan Malaysia akan menjadi peserta tambahan di Hanoi yang berlangsung pada 12-23 Mei nanti.