Shin Tae-yong Minta Pemain Tak Puasa Saat Laga Uji Coba, Sekjen PSSI Yunus Nusi: Saya Belum Dengar Kabar Itu
Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong menginstruksikan pemain Muslim dalam tim asuhannya untuk tidak menjalankan puasa ketika uji coba di Korea Selatan berlangsung.

Apa yang diungkap Shin Tae-yong itu sempat menjadi perbincangan karena keputusan sang pelatih dianggap membatasi ibadah para pemain. Soal hal ini Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengaku tidak tahu.

Saat dihubungi VOI pada Senin, 4 April terkait instruksi Shin Tae-yong soal larangan puasa terhadap para pemain, Yunus mengatakan belum mendengar kabar ini lantaran masih berada di luar kota.

“Saya belum dengar (kabar itu), masih di pelosok (Bumbuhan, Gorontalo),” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Skuad timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan sejak awal Maret. Agenda itu dilakukan sebagai persiapan menuju Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang.

Agenda TC yang berlangsung hingga April rupanya juga bertepatan dengan bulan Ramadan yang mengharuskan pemain timnas U-19 yang beragama Islam berpuasa di Negeri Gingseng.

Dikutip dari situs resmi PSSI, selama bulan Ramadan skuad Garuda Muda akan tetap menjalankan ibadah puasa meski berada di negara orang. Namun, di sisi lain, pelatih Shin Tae-yong menginstruksikan para pemainnya untuk tidak berpuasa saat timnas U-19 melakoni laga uji coba. Hal itu demi mendapatkan hasil maksimal.

"Kami tahu bahwa ada bulan puasa, tapi karena kita training camp (TC) di luar negeri, kita koordinasi dan komunikasi dengan para pemain," kata Shin Taeyong.

"Puasa itu dijalani saat istirahat dan tidak dijalani jika ada pertandingan atau uji coba," ucap Shin Tae-yong menambahkan.

Selama berada di Korea Selatan, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan dijadwalkan akan melakoni serangkaian uji coba pada pekan depan. Timnas Indonesia U-19 akan melawan Kimcheon pada Selasa besok, Pohang pada Rabu lusa dan Daegu FC pada Kamis, 7 April di mana seluruh uji coba itu akan digelar di Daegu.

Sejauh ini, timnas Indonesia U-19 sudah melakoni tiga uji coba selama pemusatan latihan di Korea Selatan. Akan tetapi, belum ada hasil positif yang didapat setelah kalah dalam tiga uji coba tersebut.

Pada uji coba pertama, timnas U-19 kalah 1-5 dari Yeungnam University, lalu dihajar Korea Selatan U-19 0-7, dan kembali takluk dari Korsel U-19 1-5.