Petenis Cantik Elina Svitolina Terus Dibayangi Invasi Rusia ke Ukraina Hingga Kehilangan Fokus saat Bermain
Petenis Ukraina Elina Svitolina. (Instagram/@elisvitolina)

Bagikan:

JAKARTA – Petenis Ukraina Elina Svitolina benar-benar merasakan dampak dari invasi Rusia ke negaranya. Ia sampai kehilangan konsentrasi saat mengikuti berbagai kompetisi.

Itu bisa terlihat dari penampilan terbaru petenis 27 tahun ini di turnamen Indian Wells dan Miami Open. Ia langsung gagal di babak awal setelah kalah dari Harriet Dart dan Heather Watson.

"Saya berbicara beberapa hari yang lalu dengan nenek saya, yang tinggal di tepi laut, dan dia memberitahu saya mereka mulai mengebom perahu, langsung di kota. Semua orang sangat ketakutan, dalam beberapa hari terakhir saya sangat mengkhawatirkan keselamatan mereka," kata Svitolina, dikutip tennisworldusa.com.

Elina mengatakan, dirinya sudah mencoba untuk menghadapi situasi ini dan berharap bisa bermain lebih baik. Namun, usahanya tidak membuahkan hasil.

Petenis Ukraina lainnya, kata Elina, juga menghadapi masalah yang sama.

"Semua yang terjadi di Ukraina sangat menyedihkan, setiap jam kami membaca berita baru. Sangat menyakitkan melihat negara Anda diserang. Saya sangat bangga menjadi orang Ukraina dan perjuangan yang kami perjuangkan demi perdamaian dan masa depan kami," kata kekasih Gael Monfils itu.

Elina Svitolina merupakan petenis yang cukup vokal menyuarakan perdamaian sejak awal Rusia melakukan invasi ke negaranya. Dalam banyak kesempatan, ia terus menyinggung konflik yang terjadi di sana.

Invasi Rusia ke Ukraina membuat jutaan orang harus mengungsi. Konflik ini pun telah memakan ratusan korban, termasuk warga-warga sipil dan anak-anak kecil yang tidak berdosa.