Warga Antusias Menunggu Iring-Iringan Pebalap MotoGP di Bunderan HI
Suasana di kawasan Bunderan HI (Ulfa Gusti/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah pebalap MotoGP telah tiba di Jakarta sebelum nantinya akan melakoni rangkaian agenda balap MotoGP Mandalika 2022 pada 18-20 Maret mendatang.

Kehadiran para pebalap di Jakarta ini tidak lain untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Rabu pagi. Bukan cuma itu, agenda juga akan dilanjutkan dengan iring-iringan para riders di sekitaran Bundaran HI.

Berdasarkan informasi, rute iring-iringan ini akan dimulai dari Istana Negara usai dilepas langsung oleh presiden Jokowi kemudian berlanjut ke Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan akan berakhir di titik awal yaitu Istana Negara.

Pada acara iring-iringan, para pebalap sendiri dijadwalkan akan mulai meninggalkan Istana sekitar pukul 10.00 WIB.

Berdasarkan pantauan tim VOI di titik Bundaran HI, satu jam menjelang agenda iring-iringan kondisi lokasi masih kondusif. Lalu lintas berjalan seperti biasa tanpa adanya penyekatan atau pembatasan kendaraan.

Sejumlah warga sekitar dan juga pengguna jalan juga nampak berkumpul di sejumlah titik untuk menantikan rombongan para pebalap MotoGP.

Mereka asik menunggu di sekitar pedestrian sambil siaga memegang ponsel untuk mengabadikan momen kalau-kalau pebalap favorit mereka melintas

Namun demikian, dari pantauan tim juga tak terlihat adanya bentuk sambutan menonjol di sekitaran Bundaran HI seperti banner atau ucapan selamat datang.

Hanya ada personel polisi yang berjaga di sisi jalan untuk mengatur lalu lintas. Berdasarkan informasi, ada sekitar 300 personel polisi yang berjaga sepanjang rute iring-iringan.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yugo mengatakan untuk skema lalu lintas sendiri nanti akan ada penutupan. Namun itu hanya bersifat sementara saat rombongan melintasi ruas jalan yang ditentukan.

Lebih lanjut Sambodo mengatakan penutupan jalan hanya akan dilakukan saat rombongan parade MotoGP melintas.

"Pelaksanaan penutupan hanya pada saat rombongan melintas, itu pun hanya yang searah dengan rombongan, untuk yang berlawanan arah tidak kita laksanakan penutupan kita akan melaksanakan penutupan seminimal mungkin sehingga tidak terlalu menimbulkan kemacetan di Jalan Thamrin,” katanya saat ditemui di lokasi.

Dalam iring-iringan ini bakal hadir pebalap dengan nama-nama yang sudah tidak asing bagi penggemar MotoGP. Mereka adalah Marc Marquez, Joan Mir, Alex Rins, Francesco Bagnaia, Jack Miller, Maverick Vinales, Alex Marquez, dan Takaaki Nakagami.