Berkerumun di Bundaran HI, Warga Antusias Melihat Parade MotoGP
Parade MotoGP di Bundaran HI/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Ratusan warga dari berbagai wilayah menyempatkan diri untuk menyaksikan konvoi Parade MotoGP Mandalika di kawasan Bunderan Hotel Indonesia (HI), Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 16 Maret.

Warga rela berjejal di sepanjang sisi Jalan MH Thamrin arah Bundaran HI demi menyaksikan secara langsung deru mesin dari MotoGP tersebut.

Hanafi Edi Saputra, salah satu karyawan Bank swasta di kawasan Sudirman ini salah satunya. Di tengah kesibukannya sebagai karyawan swasta, dirinya sengaja menyempatkan diri untuk menyaksikan parade konvoi MotoGP.

Kerumunan warga di Bundaran HI melihat parade MotoGP/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI 

Terlebih, parade itu berlangsung di dekat kediamannya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Hanafi sengaja mendatangi kawasan Bundaran HI sambil berswafoto.

"Antusias masyarakat sangat tinggi karena mungkin di Indonesia ini pertama untuk pagelaran MotoGP. Saya apresiasi banget untu pemerintah Indonesia yang bisa mengadakan motoGP dan parade pertama di Indonesia," kata Hanafi kepada VOI di Bunderan HI, Jakarta, Rabu 16 Maret.

Pemuda asal Menteng itu berharap momen tersebut dapat terulang kembali di Indonesia, khususnya di Jakarta. Karena menurutnya, parade MotoGP dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Bahkan dapat menjadi daya jual di kancah Internasional.

"Harapannya momen ini bisa terulang setiap tahunnya, karena ini meningkatkan nilai pasar Indonesia bisa dikenal di seluruh dunia," ujarnya.

Selain memberikan hiburan bagi masyarakat, dampak dari parade konvoi MotoGP juga dapat memberikan efek positif bagi para pelaku UMKM di sekitar Bundaran HI.

Sementara Sisca Rumondor (50) pengunjung lainnya, mengaku bahwa dirinya sengaja datang dari rumahnya yang berada di Jakarta Timur.

"Saya sengaja datang dari rumah. Karena banyak jalan ditutup, jadi harus naik ojek online supaya bisa tepat waktu sampai ke bunderan HI. Tadi standby disini jam 09.00 WIB," kata wanita yang sangat antusias melihat parade itu.

Sisca pun terkejut ketika dirinya berada di Bunderan HI ternyata rombongan MotoGP datang dari kawasan Monas dan melintas di hadapannya.

Kerumunan warga di Bundaran HI melihat parade MotoGP/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI 

"Ternyata mereka masuk dan melewati sini. Kita pikir cuma mau muter aja gitu kan. Terkejut juga kalo ternyata semuanya malah melewati kita, kita bisa liat bule-bule gitu ya. Pebalap yang nanti akan beradu di sirkuit Mandalika kita bisa lihat sekarang, kayanya 'wow' banget gitu," ujar Sisca dengan wajah berseri.

Sisca juga kagum ketika mendengar suara gemuruh motor dengan kapasitas (cc) besar melintas di samping telinganya.

"Saya kebayang nanti suasana di Mandalikanya seperti apa, ini adalah sebuah kebanggaan buat kita masyarakat Indonesia bisa mengadakan sebuah ajang yang skalanya Internasional pertama kali," katanya.

Sementara Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, parade konvoi MotoGP itu diikuti oleh 20 pebalap MotoGP pada rombongan barisan utama.

"Kemudian 60 pebalap pabrikan dan rombongan ketiga 300 sampai 500 komunitas sepeda motor yang ada di Jakarta. Semua star dari depan Istana Merdeka, Gambir, Jakarta Pusat," kata Kombes Pol Sambodo.