Bertemu Jokowi, Marc Marquez dan Pebalap MotoGP Lainnya Tak Gunakan Masker
Presiden Jokowi dan pebalap MotoGP/Foto: Tangkap Layar YouTube Sekretariat Presiden

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah bertemu dengan pebalap MotoGP yang akan berlomba di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat pada hari ini, Rabu, 16 Maret di Istana Merdeka, Jakarta.

Dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, para pebalap ini tiba di Istana Merdeka dan bertemu Jokowi sekitar pukul 09.30 WIB. Mereka tampak menggunakan race suit dan menenteng helm atau pelindung kepala yang akan digunakan saat mengaspal di Sirkuit Mandalika.

Hanya saja, mereka tak tampak menggunakan masker. Sementara Presiden Jokowi dan jajarannya, seperti Menteri BUMN Erick Thohir tetap taat menggunakan masker.

Setelah disambut, para pebalap ini kemudian diberi kesempatan untuk masing-masing berfoto dengan Presiden Jokowi. Saat itulah, presiden juga ikut melepas maskernya.

Dalam sesi foto itu, Presiden Jokowi tampak menenteng sebuah helm. Dia tampak menggunakan jaket merah dengan tulisan G20 produksi Rabbit and Wheels.

Masing-masing pebalap mendapat kesempatan berfoto, termasuk pebalap Tim Repsol Honda.

Usai berfoto, rombongan itu kemudian beranjak ke halaman Istana Merdeka. Di sana, Presiden Jokowi sempat menunjukkan motor miliknya, Kawasaki W175 berwarna hijau yang kerap digunakannya berkeliling.

Ketika berfoto di atas motornya bersama para pebalap, Jokowi kembali membuka maskernya. Namun, dia tak memasang kembali maskernya hingga momen dirinya melepas para pebalap. Begitu juga Menteri BUMN Erick Thohir yang mendampingi Jokowi tampak tidak menggunakan masker.

Sebagai informasi, ada 20 pebalap MotoGP yang ikut dalam kegiatan ini. Mereka di antaranya Marc Marquez, Joan Mir, Alex Rins, Francesco Bagnaia, Jack Miller, Maverick Vinales, Alex Marquez, hingga Takaaki. Selain pebalap internasional, ada juga dua pebalap Indonesia yaitu pebalap Moto3 Mario Aji dan pebalap Idemitsu Asian Talent Cup Veda Ega Pratama.

Sebelumnya, pihak Dorna Sport menjelaskan kehadiran para pembalap MotoGP di Jakarta sebelum berlomba di Mandalika sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras pemerintah Indonesia dalam mempersiapkan MotoGP di Indonesia.

“Dan ini merupakan tahun pertama dari 10 tahun kerja sama. Oleh karena itu, sebagai respek kami, para pembalap akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo besok. Kami juga mengucapkan terima kasih atas waktunya Bapak Presiden,” ucap Chief Sporting Officer Dorna Sports Carlos Ezpeleta.