Mengenal Ruang <i>Race Control</i> yang Jadi Pusat Kendali Canggih Balapan di Sirkuit Mandalika
Ilustrasi (Instagram @themandalikagp)

Bagikan:

JAKARTA – Kurang dari sepekan balapan ajang MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika bakal berlangsung. Ruang race control bakal menjadi pusat kendali canggih untuk balapan tersebut.

Ruangan ini terletak di lantai 1 gedung utama Mandalika International Street Circuit. Di tempat inilah para pimpinan balapan, CoC (Clerk of Course), beserta aparat mereka akan bertugas mengawasi jalannya balapan.

Petugas yang berada di ruangan race control bisa dengan mudah bisa mengikuti semua momen-momen pebalap dari kamera-kamera yang dipasang secara detail di sepanjang lintasan. Mulai pebalap keluar dari garasi pit, menempuh sepanjang lintasan, dan kembali lagi ke garasi akan diikuti dengan seksama.

"Kita bisa memantau kendaraan tidak putus dari pit out sampai ke pit in dan kembali ke garasi. Kita bisa melihat dan mengontrol semua kejadian di lintasan," ujar Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Selasa, 15 Maret.

Ruangan race control didominasi oleh tembok layar televisi raksasa yang berisi gambar dari kamera-kamera di sepanjang lintasan 4,31 kilometer tersebut.

Jumlah kamera yang dipasang di trek pun sangat fleksibel. Tergantung kebutuhan event yang tengah bergulir, baik WSBK (World Superbike), MotoGP, atau ajang lainnya.

Kamera itu dipasang di sisi luar dan sisi dalam lintasan. Saat ada kejadian, kamera bisa diputar (rotate), zoom close up secara digital, dan bisa mendapat gambar bagus.

"Saat ini ada 30-40 kamera yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, bisa ditambah atau dikurangi," kata Priandhi.

Keberadaan kamera-kamera ini otomatis mempermudah petugas yang memimpin balapan. Dalam keadaan darurat mereka bisa langsung membuat ulasan kejadian dengan cepat dan komprehensif.

Keadaan yang umumnya terjadi di lintasan balap adalah kecelakaaan. Untuk mengetahui tingkat parah atau tidaknya kecelakaan itu, biasanya petugas medis berkoordinasi dengan petugas race control untuk memperbesar gambar sehingga detail kejadian bisa dilihat dengan teliti.

Jika kecelakaan yang terjadi cukup serius, maka petugas akan menekan tombol digital red flag untuk memberi tahu pebalap di lintasan.

"Para pimpinan lomba, pimpinan marshal, pimpinan medis bisa berbicara dengan anggota-anggotanya di lapangan. Di sini semua kegiatan dilakukan dan menentukan apakah balapan berlangsung atau dihentikan," katanya.

Race control Sirkuit Mandalika berfungsi optimal sejak balapan WSBK dan tes pramusim lalu. Namun, pihak Dorna memang meminta sedikit tambahan untuk ajang MotoGP di Indonesia yang berlangsung pada 18-20 Maret 2022 nanti.