MGPA Optimistis Sirkuit Mandalika Dapat Grade A sebelum Balapan MotoGP
Sirkuit Mandalika (Instagram MGPA Official)

Bagikan:

JAKARTA – Sirkuit Mandalika akan diperiksa oleh Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) sebelum balapan. Aspal lintas sirkuit tersebut diyakini bakal memperoleh homoglasi grade A.

FIM akan turun langsung untuk melakukan penilaian pada Kamis, 17 Maret nanti. Untuk menjadi tuan rumah MotoGP maka Sirkuit Mandalika harus mengantongi grade A dari induk sepeda motor internasional itu.

"Paling penting aspal, lainnya hanya beautifikasi. Kami optimistis bisa dapat homologasi grade A dan penyelenggaraan MotoGP aman," kata Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria dalam keterangan resmi.

Homologasi adalah prosedur penilaian seluruh aspek balap terhadap standar lisensi sirkuit. FIM selaku badan otoritas balap motor dunia punya enam tingkatan lisensi atau grade mulai dari A hingga F.

Grade tersebut sangat penting karena akan menentukan balapan apa yang bisa digelar di sirkuit bersangkutan. Untuk bisa menggelar Grand Prix seperti MotoGP, mau tidak mau Sirkuit Mandalika harus punya lisensi grade A.

"Sekarang lintasan terlihat jauh lebih bagus. Butiran-butirannya lebih besar dan lebih rapat. Pihak FIM akan datang hari ini atau besok. Lintasan akan dilihat safety officer untuk proses homologasi," kata Priandhi.

Sirkuit Mandalika akan menjadi seri kedua kalender MotoGP musim ini yang digelar pada 18-20 Maret nanti. Saat ini sirkuit kebanggaan Indonesia itu dalam kondisi siap pakai setelah proses pengaspalan ulang selesai pada tengah pekan kemarin.

Setelah tes pramusim pada Februari lalu, pihak Dorna dan FIM menyarankan perbaikan di beberapa tikungan lintasan sepanjang 4,31 km tersebut. Namun, karena waktunya cukup pengaspalan ulang dilakukan dari setelah Tikungan 16 hingga ke Tikungan 5.

Membangun lintasan untuk ajang seperti MotoGP memang tidak mudah. Pengaspalan harus dilakukan dengan mempertimbangkan kecepatan pebalap yang akan melintas di atas sirkuit itu.

Sejauh ini Indonesia belum pernah punya lintasan yang akan dilewati dengan kecepatan melebihi 250 km/jam. Bahkan untuk MotoGP Mandalika kecepatan yang ditempuh pebalap bisa sampai 300 km/jam.

Saat ini, pihak MGPA terus membenahi beberapa hal-hal minor seperti cat warna merah-putih di kerb dan cat hijau di run-off area. Selain itu, ada pembersihan pada tembok serta pemasangan global branding mitra Dorna Sport di beberapa titik.