Pemenuhan Syarat Homologasi Grade A Sirkuit Mandalika Sudah 90 Persen, Dinilai FIM Usai Tes Pramusim
Direktur Pengelola The Mandalika Bram Subiandoro (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA – Pemenuhan syarat homologasi grade A Sirkuit Mandalika sudah mencapai 90 persen. Proses penilaian oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) pun akan dilakukan setelah tes pramusim.

Direktur Pengelola The Mandalika Bram Subiandoro mengatakan bahwa masih ada beberapa kekurangan yang harus dilengkapi. Kekurangan itu meliputi pemasangan ban pelindung di pinggir lintasan serta barang elektronik.

”Jadi bannya sudah datang, tinggal dipasang, begitu juga barang elektronik. Kamis, 27 Januari besok, pekerjanya sudah datang, mereka langsung ke lapangan (Sirkuit Mandalika), pasang alat,” ujar Bram dikutip Antara.

Homologasi adalah prosedur penilaian seluruh aspek balap terhadap standar lisensi sirkuit. FIM selaku badan otoritas balap motor dunia punya enam tingkatan lisensi atau grade mulai dari A hingga F.

Untuk balapan MotoGP, sirkuit yang ditentukan sebagai tuan rumah harus mengantongi lisensi grade A. Grade tersebut menjadi penting karena mendikte balap apa yang bisa digelar di sirkuit tersebut.

Bram memastikan bahwa penilaian homologasi grade A Sirkuit Mandalika oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) Guidelines akan berlangsung sebelum gelaran MotoGP 2022. 

”Untuk kapan, kami belum bisa pastikan, tetapi iya, setelah tes pramusim, sebelum MotoGP 2022, antara (rentang waktu) itu,” kata Bram.

Sementara itu, perihal persiapan lintasan, Bram memastikan seluruhnya sudah tidak ada masalah, termasuk air yang menggenang di sekitar areal sirkuit. Masalah itu sudah diatasi dengan pemasangan pipa di beberapa titik agar tidak terjadi genangan saat turun hujan.

Saat ini penyelenggara juga sedang membangun tempat khusus bagi kru pembalap. Tempat tersebut terbuat dari bahan kontainer dan ada yang tersedia dalam bentuk tenda. 

Di sekitar lokasi untuk area kru pembalap juga telah dibuatkan pagar keliling permanen. Adapun tribun penonton tambahan diperkirakan akan selesai dua hari sebelum perhelatan MotoGP 2022.

”Jadi, itu semua sudah diatur. Tanggal 16 Maret sudah selesai,” ujar Bram. 

Sebelum menggelar balapan MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret mendatang, Sirkuit Mandalika akan lebih dulu menjadi tuan rumah tes pramusim MotoGP 2022 pada 11-13 Februari mendatang.

Seri Mandalika akan menjadi seri kedua MotoGP pada musim ini. Balapan di sirkuit nasional tersebut akan berlangsung setelah seri pertama di Qatar 6 Maret nanti.