Legenda Balap Indonesia Perkirakan Sirkuit Mandalika Akan Jadi Agenda Resmi untuk Tes Pramusim
Legenda balap Ahmad jayadi dalam acara “Special Show: Highlight MotoGP Qatar & Preview Grand Prix of Indonesia” di Epiwalk Mall,

Bagikan:

JAKARTA – Legenda balap Indonesia Ahmad Jayadi sangat kagum dengan karakter yang dimiliki oleh Sirkuit Mandalika. Ia memperkirakan sirkuit kebanggaan Indonesia itu bisa masuk dalam agenda resmi untuk tes pramusim MotoGP setiap musim.

Hal itu disampaikan mantan pebalap yang pernah satu trek dengan Valentino Rossi tersebut dalam acara “Special Show: Highlight MotoGP Qatar & Preview Grand Prix of Indonesia” di Epiwalk Mall, Jakarta, pada Senin, 7 Maret

”Sirkuit Mandalika ini bisa jadi salah satu sirkuit untuk tes resmi sebelum MotoGP. Jadi bukan sekadar sekarang mau ada GP Mandalika, tapi sangat mungkin ke depan nanti Mandalika menjadi agenda resmi Dorna untuk tes pramusim,” kata Jayadi.

Grand Prix Mandalika menjadi pendatang baru dalam kalender MotoGP musim 2022. Sebagai sikuit baru, Mandalika harus dimasukkan dalam tes pamusim yang sudah berlangsung pada 11–13 Februari lalu.

Meski demikian, Mandalika belum tentu bisa menjadi penyelenggara untuk tes pramusim di musim-musim mendatang. Akan tetapi, bukan mustahil jika di musim berikutnya Mandalika akan dimasukkan ke dalam agenda resmi untuk tes pramusim.

Jayadi mengatakan bahwa kemungkinan Mandalika untuk masuk agenda resmi tes pramusim sangat terbuka. Hal itu didukung oleh karakter sirkuit yang sangat lengkap jika dibanding dengan trek lain baik di Eropa atau Asia Tenggara.

”Menurut saya sirkuit Mandalika ini punya karakter tersendiri. Kalau kebanyakan sirkuit lain high speed, high speed, dan corner, tetapi kalo di mandalika sangat lengkap, ada high speed corner dan ada street. Jadi ketika pebalap bisa set up maksimal di Mandalika otomatis akan bagus di sirkuit mana saja,” katanya.

Saat ini Sirkuit Mandalika sedang dalam proses pengaspalan ulang yang ditargetkan rampung pada Selasa, 8 Maret besok. Pengerjaan itu berdasarkan rekomendasi dari Dorna Sport Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) setelah evaluasi tes pramusim yang lalu.

Mandalika akan menjadi seri kedua MotoGP pada musim ini yang berlangsung pada 18–20 Maret nanti. Adapun seri pertama di Sirkuit Losail Internasional, Qatar, sudah selesai digelar pada Minggu, 6 Maret kemarin.