Enea Bastianini Juarai MotoGP Qatar 2022: Saya Rasa Kami Semua Menangis
Pebalap Gresini Ducati, Enea Bastianini. (Dok. Situs resmi MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Gresini Racing, Enea Bastianini, membuat kejutan pada balapan pembuka MotoGP 2022. Rider asal Italia itu berhasil menjadi juara balapan MotoGP Qatar 2022 di Sirkuit Losail, Minggu, 6 Maret.

Tak ada yang memprediksi Bastianini bisa menjadi pemenang pada balapan ini. Pasalnya, nama Marc Marquez, Fabio Quartararo, Francesco Bagnaia dan pebalap mentereng lainnya lebih dijagokan buat menang.

Namun, Bastianini tampil luar biasa sepanjang akhir pekan. Juara Moto2 2020 berhasil mematahkan prediksi banyak orang dengan penampilan yang ciamik di lintasan.

"Perasaan saya sekarang luar biasa karena saya menekan sejak awal, tapi yang paling penting adalah menjaga ban hingga akhir balapan," kata Bastianini kepada MotoGP, seperti dilansir Antara.

"Ketika saya melihat Pol tampil menekan, saya menyalip Binder di balapan. Pada akhirnya Pol sangat dekat dengan saya dan kemudian saya kira saya bisa memenangi balapan ini. Kemudian saya menyalipnya di tikungan pertama ketika dia melebar," lanjutnya.

Setelah mengambil alih pimpinan lomba dari tangan Espargaro, Bastianini tak bisa bersantai. Dia mendapatkan tekanan dari Brad Binder yang semakin mendekat jelang akhir balapan.

Menuju sektor terakhir, sang pebalap Afrika Selatan semakin mendekat dengan jarak 0,6 detik namun Bastianini bertahan dan menggeber motor GP21-nya ke tikungan terakhir dan merebut kemenangan emosional.

Kemenangan ini dipersembahkan Bastianini untuk mendiang Fausto Gresini, pendiri tim yang meninggal dunia karena komplikasi COVID-19 tahun lalu.

"Saya ingin mendedikasikan kemenangan ini untuk Fausto, dia telah banyak mendorong saya dari langit," ujarnya.

"Ini fantastik bagi semua anggota tim, saya rasa kami menangis, semuanya. Saya sangat senang dengan keluarga saya di rumah, saya ingin berterima kasih kepada semua orang karena ini," pungkasnya.