Hasil FP3 MotoGP Qatar, Alex Rins Raih Catatan Tercepat untuk Asapi Marquez
Pebalap Alex Rins menjadi yang tercepat dalam sesi FP3 MotoGP Qatar pada Sabtu, 5 Maret. (Twitter/@MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap pabrikan Suzuki, Alex Rins sukses menjadi yang tercepat dalam sesi latihan bebas ketiga (FP3) MotoGP Qatar di Sirkuit Losail pada Sabtu, 5 Maret. Rins melesat dengan catatan waktu 1 menit 53,432 detik.

Catatan itu membuat Rins mampu mengasapi pebalap pabrikan Repsol Honda, Marc Marquez yang ada di posisi kedua dengan catatan waktu lebih lama 0,035 detik. Di posisi ketiga, mengekor pebalap satu pabrikan dengan Rins dari Suzuki, Joan Mir.

Memasuki sepuluh menit FP3, Alex Rins masih memimpin perolehan waktu tercepat dengan tetap diikuti Marc Marquez dan Joan Mir.

Saat FP3 memasuki menit ke-23 terjadi insiden pembalap Yamaha Franco Morbidelli sempat terjatuh di tikungan enam. Namun, tak ada cedera berarti yang dialami Morbidelli sehingga dia dapat kembali melanjutkan FP3.

Alex Rins masih terus memimpin FP3 hingga menit ke-30. Begitu juga dengan Marc Marquez dan Joan Mir yang masih menghuni posisi kedua dan ketiga.

Catatan waktu 1 menit 53,432 detik Rins tetap bertahan di posisi teratas. Sementara, Marquez mampu memperbaiki catatan waktunya menjadi +0,035 dari Rins. Sedangkan, Joan Mir terpaut +1.475 dari rekan setimnya tersebut.

Namun, saat FP3 menyisakan waktu tiga menit pembalap Gresini Racing MotoGP Ducati, Enea Bastianini berhasil mengalahkan catatan waktu Alex Rins. Tetapi catatan waktunya dibatalkan karena Bastianini melakukan pelanggaran menyentuh area hijau di tikungan.

Hingga FP3 berakhir Alex Rins tetap memimpin di posisi terdepan diikuti Marc Marquez dan Joan Mir. Sedangkan juara bertahan MotoGP Fabio Quartararo finis di urutan ke-11.

Sei MotoGP 2022 sendiri bakal dibuka di Sirkuit Losail, Qatar pasa akhir pekan ini. Kemudian Fabio Quartararo dkk akan kembali mengaspal di MotoGP Mandalika Indonesia pada 20 Maret mendatang..

Berikut Hasil FP3 MotoGP Qatar pada Sabtu, 5 Maret:

Alex Rins (1 menit 53,432 detik)

Marc Marquez (+0,035)

Joan Mir (+0,147)

Jorge Martin (+0,220)

Enea Bastianini (+0,358)

Pol Espargaro (+0,371)

Franco Morbidelli (+0,413)

Francesco Bagnaia (+0,423)

Jack Miller (+0,438)

Aleix Espargaro (+0,454)