Ada Penerbangan Langsung Makassar-Lombok, Sandiaga: 2 Ribu Tiket MotoGP Dibeli di Makassar
Ilustrasi/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bergerak cepat merespons antusiasme warga Sulawesi Selatan yang ingin menonton balapan MotoGp di Mandalika, NTB.

Sandiaga langsung berkoordinasi dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan untuk menyediakan penerbangan langsung dari Sulawesi Selatan ke Nusa Tenggara Barat.

Sandiaga menyebut sedikitnya 2.000 tiket Moto GP Mandalika sudah laku terjual di Sulawesi Selatan.

Laporan penjualan tiket gelaran Moto GP Mandalika itu diterima langsung oleh Sandiaga Uno dari Badan Promosi Pariwasata Daerah (BPPD) Sulawesi Selatan.

"Mohon bantuannya Pak Menko Luhut pesawatnya. Karena ada permintaan besar dari BPPD Sulsel kalau ada 2.000 tiket Moto GP Mandalika dibeli di Makassar ini," kata Sandiaga Uno dalam acara BBIBWI Sulsel 2022 di Makassar dalam keterangannya, Kamis 24 Februari.

Tak hanya kepada Luhut, Sandiaga Uno juga memohon bantuan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) Azwar Anas. Menurut Sandiaga hal itu akan menjadi kebangkitan prekonomian di Sulsel dan NTB.

"Pak Anas mohon dibantu, LKPP ini ada di garis terdepan kemajuan kita. Mari kita bangkitkan ekonomi kita dan buka peluang usaha," ucap Sandiaga.

Dinas Pariwisata dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulawesi Selatan meluncurkan penerbangan langsung atau Makassar - Lombok - Makassar untuk menyukseskan ajang MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Peluncuran dilakukan Sekretaris Dinas Pariwisata Sulsel, Devo Khadafi bersama Ketua BPPD Sulsel Andry Arief Bulu, Corporate Communication Strategic Lion Group, Danang Mandala Prihantoro, Deputi Direktur Bank Indonesia Sulsel, Hasiando Ginsar Manik di Makassar, Selasa, 22 Februari

Rencananya penerbangan pertama dari Makassar ke Lombok akan berlangsung pada 9 Maret 2022 dan dari Lombok ke Makassar pada 8 Maret 2022. Dengan menggunakan maskapai penerbangan Wings Air dari Lion Air Group.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel Andry S Arief Bulu, menyampaikan pembukaan penerbangan langsung ini merupakan tindak lanjut kerja sama antara BPPD Sulsel dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di Sirkut Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, 11 Januari 2021.

Di tengah kondisi pandemi ini, bukti kolaborasi bersama dalam memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang juga akan berdampak pada perekonomian.

"Perhelatan motoGP ini, target kami bagaimana untuk mempromosikan Sulawesi Selatan di luar. Yang akan bermanfaat bagi dunia pariwisata di Sulawesi Selatan," katanya.