Penerbangan Langsung Makassar-Lombok Dibuka Dukung MotoGP
ILUSTRASI DOK ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Dinas Pariwisata dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulawesi Selatan meluncurkan penerbangan langsung atau Makassar - Lombok - Makassar untuk menyukseskan ajang MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Peluncuran dilakukan Sekretaris Dinas Pariwisata Sulsel, Devo Khadafi bersama Ketua BPPD Sulsel Andry Arief Bulu, Corporate Communication Strategic Lion Group, Danang Mandala Prihantoro, Deputi Direktur Bank Indonesia Sulsel, Hasiando Ginsar Manik di Makassar, Selasa, 22 Februari

Rencananya penerbangan pertama dari Makassar ke Lombok akan berlangsung pada 9 Maret 2022 dan dari Lombok ke Makassar pada 8 Maret 2022. Dengan menggunakan maskapai penerbangan Wings Air dari Lion Air Group.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel Andry S Arief Bulu, menyampaikan pembukaan penerbangan langsung ini merupakan tindak lanjut kerja sama antara BPPD Sulsel dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di Sirkut Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, 11 Januari 2021.

Di tengah kondisi pandemi ini, bukti kolaborasi bersama dalam memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang juga akan berdampak pada perekonomian.

"Perhelatan motoGP ini, target kami bagaimana untuk mempromosikan Sulawesi Selatan di luar. Yang akan bermanfaat bagi dunia pariwisata di Sulawesi Selatan," katanya.

Dia pun bercerita penerbangan langsung Makassar-Lombok ini sempat terhenti beberapa tahun lalu, hingga berkat kerja bersama kini menghadirkan penerbangan langsung.

Penerbangan langsung ini mempersingkat jarak tempuh dan waktu, serta biaya yang lebih murah.

"Jadi dengan penerbangan langsung Makassar - Lombok diperkirakan sekitar 1 jam 45 menit. Dibandingkan harus transit ke Denpasar dan Surabaya, yang harus memakan waktu sampai 7 jam," ujarnya.

Tak hanya itu, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel telah membuka Layanan untuk penjualan tiket nonton MotoGP musim 2022. 

Devo Khadafi mengapresiasi upaya BPPD Sulsel bersama Lion Air Grup dalam hadirnya penerbangan langsung Makassar - Lombok - Makassar ini.

"Menunjukkan eksistensi tentang pentingnya badan promosi bagi dunia kepariwisataan di Sulsel. Ini luar biasa untuk memulihkan ekonomi," katanya.

Sementara itu, Deputi Direktur Bank Indonesia Sulsel, Hasiando Ginsar Manik menyampaikan, ini merupakan kerja nyata dalam mewujudkan Sulsel sebagai pusat keberagaman destinasi dan kearifan lokal di Indonesia Timur yang dikenal dengan sebutan "South Sulawesi Colorful Experience".

"Kami memandang tagline tersebut sangat sesuai dengan profil Sulawesi Selatan yang dipenuhi oleh berbagai destinasi wisata yang rupawan," katanya.

Corporate Communication Strategic Lion Group Danang Mandala Prihantoro menyampaikan, hadirnya penerbangan langsung ini untuk mendukung proses percepatan pemulihan perekonomian, khususnya di sektor pariwisata.