Bagikan:

JAKARTA - InJourney Airports menyiapkan tiga bandara pendukung utama gelaran MotoGP Indonesia.

Khusus untuk Bandara Internasional Lombok akan beroperasi 24 jam guna mengakomodir tingginya penerbangan jelang perhelatan MotoGP.

MotoGP Indonesia digelar pekan ini, tepatnya pada 27 hingga 29 September 2024 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi mengatakan sebanyak 37 bandara InJourney Airports mendukung kesuksesan MotoGP, di mana ada tiga bandara yang menjadi pendukung utama yakni Bandara Internasional Lombok, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Soekarno-Hatta Tangerang.

“Khusus pada 15 September hingga 1 Oktober 2024, Bandara Internasional Lombok beroperasi 24 jam guna mengakomodir tingginya lalu lintas penerbangan,” kata Faik dalam keterangan resmi, Selasa, 24 September.

Faik bilang saat ini pihaknya sudah menerima permintaan penerbangan tambahan atau extra flight lebih dari 70 penerbangan dari empat maskapai.

“Sudah ada permintaan 74 penerbangan tambahan (extra flight) dari 4 maskapai nasional pada periode 22 September hingga 1 Oktober 2024,” ucapnya.

Lebih lanjut, Faik mengatakan permintaan penerbangan tambahan ini sejalan dengan jumlah penonton MotoGP yang diperkirakan mencapai 130.000 orang dari berbagai kota di Indonesia dan luar negeri.

“InJourney Airports berkolaborasi dengan stakeholder termasuk maskapai untuk memastikan konektivitas penerbangan dan ketersediaan kursi pesawat guna mengakomodir kebutuhan wisatawan atau penonton MotoGP Mandalika,” ujar Faik.

Faik mengatakan bahwa puncak pergerakan penumpang sendiri diperkirakan terjadi di tanggal 29 September 2024 dengan jumlah penumpang 12.573 penumpang atau naik 23 persen dibandingkan dengan puncak pergerakan penumpang pada MotoGP 2023 sebanyak 10.351 penumpang.

“Infrastruktur di Bandara Internasional Lombok dipastikan siap melayani tingginya lalu lintas penerbangan,” katanya.

Sementara itu, sambung Faik, Bandara I Gusti Ngurah Rai (Bali) yang terletak tidak jauh dari Lombok akan berperan sebagai bandara penghubung bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan MotoGP.

“Dari Bali terdapat penerbangan langsung ke Lombok yang dioperasikan sejumlah maskapai antara lain Citilink, Garuda Indonesia dan Wings Air. Bandara ini juga dapat menjadi tempat lokasi parkir pesawat, apabila kapasitas parkir pesawat sudah di Bandara Lombok tidak mencukupi,” jelasnya.

Faik bilang Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) juga memiliki peran penting dalam memastikan konektivitas penerbangan dalam mendukung gelaran MotoGP di Lombok.

“Bandara Soekarno-Hatta merupakan pintu utama negara sekaligus hub penerbangan domestik,” ucapnya.