Di Tengah Perang Rusia-Ukraina Terselip Kisah Kedekatan Khabib Nurmagomedov dan Oleksandr Zinchenko
Khabib Nurmagomedov dan Oleksandr Zinchenko (Instagram @teamkhabib)

Bagikan:

JAKARTA – Di tengah memanasnya perselisihan antara Rusia dan Ukraina terselip kisah kedekatan antara bintang UFC Khabib Nurmagomedov dan gelandang Manchester City Oleksandr Zinchenko.

Kedua sosok tersebut notabene masing-masing mewakili dua negara yang saat ini sedang berkonflik. Nurmagomedov adalah ikon dari Rusia, sedangkan Zinchenko berasal dari Ukraina.

Kedekatan kedua bintang olahraga ini banyak dikritik oleh atlet lain dan netizen. Kritik tersebut dilontarkan karena bercermin dari hubungan kurang harmonis di antara kedua negera.

Zinchenko tuai respon negatif itu akibat ia mengunggah fotonya bersama Nurmagomedov di Instagram. Foto tersebut diambil pada Oktober 2021 lalu saat Manchester City bermain seri 2-2 dengan Liverpool di Stadion Anfield.

"Senang sekali bisa menonton pertandingan dan mengobrol dengan Anda, Khabib Nurmagomedov," tulis Zinchenko di Instagram pribadinya.

Ketika itu, Zinchenko tidak turun bermain karena cedera sehingga hanya bisa melihat rekan-rekannya merumput dari atas tribun. Menariknya ia duduk bersebelahan dengan Nurmagomedov yang juga hadir menonton laga krusial itu sebelum mereka berfoto bersama.

Pemandangan tersebut jelas kontras dengan suhu politik yang terjadi di sana. Terlebih bintang UFC juga menguggah fotonya dengan Zinchenko di Instagram pribadinya.

"Saya berharap Anda sukses dalam segala hal, Zinchenko. Bahkan jika seseorang tidak menyukai itu," tulis Khabib menyertai fotonya.

Keakraban seperti yang dibangun oleh Nurmagomedov dan Zinchenko tak terjalin oleh beberapa atlet lain. Contohnya terjadi dalam ajang Paralimpiade 2020 lalu di nomor atletik.

Saat itu, atlet Ukraina, Ihor Tsvietov, enggan foto berdekatan dengan dua atlet Rusia, Dmitrii Safronov dan Artem Kalashian di atas podium.

Momen canggung itu dilakukan Tsvietov karena dirinya tidak ingin kejadian yang menimpa kompatriotnya di Olimpiade 2020 juga terjadi kepadanya. Sebelumnya, atlet Ukraina, Yaroslava Mahuchikh, tertangkap kamera menangis berseri-seri sambil memeluk atlet Rusia, Maria Lasitskene.

Apa yang dibuat oleh Mahuchikh membuat gempar Ukraina. Ia bahkan dianggap dilecehkan dan dicap sebagai pengkhianat serta dianggap telah membuat malu tanah air.