Ukraina Semakin Dekat dengan Piala Dunia 2022, Pelatih Oleksandr Petrakov: Tim Bermain untuk Angkatan Bersenjata yang Ada di Parit-parit, yang Ada di Rumah Sakit
Timnas Ukraina semakin dekat menuju Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Twitter @ScotlandNT)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Ukraina meraih kemenangan 3-1 atas Skotlandia pada babak playoff Piala Dunia 2022 zona Eropa di Hampden Park, Rabu, 1 Mei, waktu setempat. Berkat kemenangan ini, Ukraina semakin dekat menuju Piala Dunia 2022.

Mereka tinggal berhadapan dengan Wales, Minggu, 5 Mei. Jika menang, tiket ke putaran final di Qatar berada dalam genggaman.

Pelatih Ukraina Oleksandr Petrakov mengatakan, kemenangan atas Skotlandia ini dipersembahkan untuk para pejuang Ukraina yang tengah menghadapi invasi Rusia.

"Kemenangan ini bukan untuk saya, bukan untuk pemain tetapi untuk negara kami, jadi ini kemenangan besar bagi Ukraina," kata Petrakov kepada wartawan, seperti dikutip Antara dari Reuters.

"Itu upaya tim, kemenangan tim, kerja tim, mereka melakukan segalanya demi orang-orang yang mereka perjuangkan. Mereka bermain demi mereka yang berada di tanah air, untuk angkatan bersenjata yang berada di parit-parit, untuk mereka yang di rumah sakit."

"Mereka mengucapkan terima kasih kepada kami dan kami balas dengan persembahan kami kepada mereka," lanjutnya.

Pelatih berusia 64 tahun yang menghabiskan sebagian besar karir kepelatihannya bersama tim muda negara itu, menyatakan tak mau menilai performa tim.

"Saat ini saya tidak ingin menganalisis permainan, saya kelelahan. Saya kosong dalam hal analisis," kata dia.

Menjelang laga ini mulai Oleksandr Zinchenko menangis ketika membahas situasi di negaranya, tapi dia tampil luar biasa saat melawan Skotlandia itu. Petrakov mengaku tidak terkejut dengan emosi atau respons di lapangan.

"Zinchenko adalah orang yang sangat patriotik, emosional dan warga Ukraina sejati. Ketika Ukraina diserang, dia merasa seolah pribadinya diserang," kata Petrakov.

"Dia anak bangsa sejati, dia memiliki jiwa yang suci dan itu terlihat di dalam dan di luar lapangan," pungkas pelatih timnas Ukraina tersebut.