PBSI Tarik 11 Wakil dari German Open dan All England
Atlet bulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung saat tampil di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022 di Malaysia (HUMAS PBSI)

Bagikan:

JAKARTA – PBSI memutuskan menarik sejumlah atlet dari turnamen di Eropa bulan depan. Total sebanyak 11 wakil tidak akan berpartisipasi di All England dan German Open.

Sebelumnya induk bulu tangkis Tanah Air itu merilis daftar 20 pemain yang akan berangkat ke German Open dan 22 pemain lainnya ke All England. Namun, jumlah tersebut dipangkas dengan beberapa alasan.

"Jadi pemain-pemain yang ditarik dari turnamen German Open dan All England ini punya alasan masing-masing. Ada yang masih di ruang tunggu dan sulit masuk ke main draw, ada yang masih pemulihan cedera, dan perihal kesiapan," kata Kabid Humas dan Media PP PBSI Broto Happy dalam keterangan yang diterima.

Dari nama-nama yang ditarik mundur di antaranya adalah Chico Aura Dwi Wardoyo dan Putri Kusuma Wardani. Keduanya masih berada di daftar tunggu sehingga tidak bisa tampil di All England dan German Open.

Sementara itu, di ganda putri Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani dan Nita Violina Marwah/Putri Syaikah juga ditarik. Itu karena Ribka dan Putri masih dalam tahap pemulihan dari cedera.

Ganda putri lainnya yang tidak dikirim adalah pasangan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Mereka harus batal tampil karena kesiapan.

Broto menjelaskan bahwa kasus berbeda terjadi di trio ganda putra, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri serta tunggul putri Gregoria Mariska Tunjung. 

Nama-nama ini absen di German Open, tapi turun di All England. Pasalnya, mereka tidak bisa mengejar waktu membuat visa untuk berangkat ke Jerman karena baru saja selesai mengikuti Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia di Malaysia.

"Mengingat mereka baru kembali ke Tanah Air pada Senin 21 Februari kemarin dan wajib menjalani karantina lebih dulu," jelas Broto.

German Open akan berlangsung pada 8-13 Maret mendatang, sedangkan All England Super 1000 digelar pada 16-20 Maret.

Berikut daftar pemain yang mundur:

German Open 2022

Tunggal Putra:

Chico Aura Dwi Wardoyo

Tunggal Putri:

Gregoria Mariska Tunjung

Putri Kusuma Wardani

Ganda Putra:

Pramudya Kusuma Wardana/Yeremia E.Y.Y Rambitan

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan

Ganda Putri:

Nita Violina Marwah/Putri Syaikah

Febby Valencia Dwijayanti Gani/ Ribka Sugiarto

Ganda Campuran:

Rehan Naufal Kurharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

All England 2022

Tunggal Putra:

Chico Aura Dwi Wardoyo

Tunggal Putri:

Putri Kusuma Wardani

Ganda Putri:

Nita Violina Marwah/Putri Syaikah

Febby Valencia Dwijayanti Gani/ Ribka Sugiarto

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

Ganda Campuran:

Rehan Naufal Kurharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.