Jamu Lille di Leg Pertama 16 Besar Liga Champions, Tuchel Minta Chelsea Fokus dan Tak Pikirkan Carabao Cup
Thomas Tuchel (Twitter.com/@chelseafc)

Bagikan:

JAKARTA - Chelsea akan menjamu LOSC Lille di leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2021/2022 pada Rabu, 23 Februari pukul 03.00 WIB. Jelang laga di Stamford Bridge itu, Thomas Tuchel selaku pelatih The Blues meminta anak asuhnya agar tetap fokus.

Pesan itu disampaikan Tuchel mengingat saat ini Chelsea tengah diadang jadwal yang padat. Bahkan, akhir pekan nanti mereka sudah ditunggu oleh Liverpool di partai final Carabao Cup.

Meskipun timnya menghadapi jadwal padat dan berat, Tuchel memastikan fokus timnya tak akan terpecah. Dia mengatakan The Blues akan berkonsentrasi menghadapi setiap laga satu per satu.

“Kami akan menghadapi laga per laga. Kami mencoba untuk selalu melakukan yang terbaik salah satu cara adalah dengan menjaga untuk fokus di setiap pertandingan, tidak khawatir tentang gambaran laga lainnya (Carabao Cup) karena itu akan merepotkan,” kata Tuchel pada konferensi pers menjelang pertandingan dikutip dari Football London.

Manajer asal Jerman itu menilai jadwal padat dan berat yang mereka miliki saat ini merupakan sebuah pertanda baik. Sebab dengan begitu, mereka masih berpeluang untuk meraih banyak gelar juara musim ini.

Tuchel juga kembali menegaskan bahwa target mereka musim ini adalah meraih lebih banyak gelar juara ketimbang musim lalu.

“Pada sisi lain, itu (jadwal padat dan berat) merupakan sesuatu yang menyenangkan karena menandakan kami masih berada di banyak kompetisi dan itu adalah target kami. Itu juga menunjukkan bahwa kami masih kompetitif," lanjutnya.

Musim ini Chelsea telah menunjukkan keseriusan mereka dengan mengantongi dua trofi juara. The Blues meraih gelar Piala Super Eropa di awal musim dan baru saja menjadi juara Piala Dunia Antarklub yang di gelar di Uni Emirat Arab pada pertengahan bulan lalu.

Raihan itu pun masih bisa terus bertambah dengan adanya peluang meraih gelar juara Liga Inggris, Piala Carabao dan Piala FA di kompetisi domestik. Mereka juga berpeluang mempertahankan gelar juara Liga Champions musim ini.

Soal banyaknya kompetisi yang dijalani timnya, Tuchel menyatakan setiap kompetisi memiliki karakternya sendiri-sendiri. Karena itu, sang pelatih menegaskan bahwa tim membutuhkan persiapan yang berbeda dan fokus pada setiap pertandingan yang akan mereka hadapi kedepannya.

"Ada perbedaan besar antara semua pertandingan sistem gugur ini, semifinal dan final di Abu Dhabi (Piala Dunia Antarklub), final di Piala Carabao, sistem gugur di Piala FA, itu sedikit berbeda," kata Tuchel.

"Liga Inggris adalah maraton, ini bukan tentang pertandingan sistem gugur, ini tentang konsistensi. Jadi itu banyak berubah dan kami harus beradaptasi karena ini adalah jadwal kami."

"Dalam hal manajemen tim, kami tidak berpikir ke depan di pertandingan nanti. Kami mencoba menghadirkan grup terbaik besok yang paling sesuai dengan apa yang ingin kami terapkan di lapangan dan kemudian kami akan mengurus pertandingan mendatang," tandasnya.