Persipura Jayapura Tidak Hadir, Laga Lawan Madura United Batal Digelar
Pertandingan Persipura Jayapura melawan Persib Bandung di Liga 1 Indonesia musim 2021/2022 (HUMAS LIB)

Bagikan:

JAKARTA – Pertandingan Persipura Jayapura dan Madura United batal digelar. Penyebabnya tim Mutiara Hitam tidak muncul di lapangan sampai waktu sepak mula.

Duel Persipura dan Madura sedianya digelar di Stadion I Wayan Dipta, Bali, pada Senin, 21 Februari malam. Namun, Persipura tidak hadir, kecuali Madura United dan perangkat pertandingan.

Menurut keterangan LIB di situs resmi mereka, Persipura sebelumnya sudah menuliskan surat bernomor 004/Persipura/II/2022 yang berisi permohonan untuk menunda laga. 

Surat bertanggal 20 Februari 2022 itu menjelaskan bahwa mereka tidak bisa bertanding dengan alasan sebanyak sembilan personel mereka positif COVID-19 berdasarkan hasil hasil tes PCR pada Minggu, 20 Februari. Rinciannya 3 ofisial dan 6 pemain.

"Maka kami berkoordinasi dengan LIB untuk dilakukan tes pembanding pada Senin, 21 Februari 2022, apabila hasil tes pembanding masih ada beberapa pemain dengan status Positif COVID-19, maka tim Persipura Jayapura TIDAK DAPAT BERTANDING dikarenakan (1) jumlah pemain akan sangat banyak yang berhalangan untuk dimainkan (2) menghilangkan azas fairness," demikian bunyi sebagian surat itu.

LIB dan Satgas COVID-19 Liga 1 kemudian melakukan tes ulang pada Senin, 21 Februari. Hasil tes menunjukkan sebanyak 21 pemain dan 7 ofisial negatif, sedangkan yang positif 6 pemain serta 3 ofisial.

Untuk itu LIB pun mengirim surat dengan nomor 100/LIB-KOM/II/2022 ke manajemen Persipura. Dalam surat itu penyelenggara menjelaskan bahwa pemain yang negatif berjumlah lebih dari 14 orang sehingga tidak memenuhi unsur Pasal 52 ayat 7 Regulasi Liga 1 2021/2022 dan tidak perlu diadakan emergency meeting. 

"Tidak ada kejadian luar biasa terkait covid. Ini kasusnya seperti pertandingan Persikabo 1973 versus Bali United, beberapa pekan yang lalu. Pertandingan tetap dilanjutkan," jelas Direktur Operasional LIB Sudjarno.