Laga Persipura Jayapura Lawan Madura United Ditunda karena COVID-19
Pertandingan Liga 1 Indonesia 2022 (HUMAS LIB)

Bagikan:

JAKARTA – Pertandingan Madura United FC melawan Persipura Jayapura resmi ditunda. Keputusan penundaan tersebut setelah temuan ada pemain yang dinyatakan positif COVID-19.

Duel Madura dan Persipura dijadwalkan berlangsung pada Selasa, 1 Februari 2022, di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali. Namun, harus ditunda berdasarkan hasil pertemuan darurat.

Pertemuan itu dipimpin langsung oleh Direktur Utama PT (LIB), Akhmad Hadian Lukita dan diikuti Direktur Operasional LIB. Hadir dalam pertemuan ini ada perwakilan Madura United dan Persipura Jayapura beserta beberapa pihak terkait.

Direktur operasional PT LIB, Sudjarno menjelaskan pertandingan Madura United versus Persipura harus ditunda karena kondisi yang tidak memungkinkan. 

”Ada pemain Madura United yang terpapar COVID-19 dan cedera. Kondisi saat ini, pemain yang siap bertanding kurang dari 14 orang. Sesuai dengan regulasi, maka kami melakukan rapat darurat dan memutuskan pertandingan ditunda,” jelas Sudjarno dalam keterangan di laman resmi LIB.

Dalam Regulasi Liga 1 Indonesia pasal 52 poin ke-7 sudah dijelaskan bahwa apabila sebuah tim punya pemain kurang dari 14 orang di hari pertandingan maka LIB dan PSSI harus menggelar pertemuan untuk memutuskan apa laga bersangkutan ditunda atau tidak dan keputusan itu bersifat final.

Surjano mengatakan bahwa langkah pihaknya tempuh selalu menyesuaikan dengan regulasi. Khusus penundaan laga Madura United versus Persipura, sudah diketahui dan dipahami bersama oleh banyak pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pertandingan. 

”Termasuk di antaranya perangkat pertandingan, LOC, sampai dengan host broadcaster. Kami juga sudah mendiskusikannya dengan PSSI,” tambah Sudjarno.

Terkait penundaan pertandingan di atas, LIB juga sudah berkomunikasi secara resmi kepada Madura United, Persipura dan beberapa pihak yang terkait lewat surat bernomor 047/LIB-KOM/II/2022. 

”Untuk jadwal ulang laga Madura United versus Persipura, akan kami umumkan kemudian,” kata Sudjarno.

LIB sampai saat ini belum mau menghentikan kompetisi meski kasus COVID-19 sudah mulai merebak kembali. 

Pada Januari 2022, setidak-tidaknya ada enam klub yang para pemainnya positif COVID-19. Klub-klub tersebut adalah Arema FC, Persebaya, Persib, Persija, PSM dan PSS. Sudjarno menegaskan para pemain yang terinfeksi virus SARS-CoV-2 nyaris semuanya tanpa gejala.