Bagikan:

JAKARTA - Komisi Disiplin (Komdis) PSSI telah menjatuhkan hukuman kepada Persipura Jayapura yang mangkir dari laga tunda di pekan ke- 22 Liga 1 2021/2022 Lawan Madura United. Komdis menilai Persipura melakukan pelanggaran Kode Disiplin.

Melalui laman resmi PSSI, Komdis telah menetapkan beberapa hukuman untuk Mutiara Hitam. Di antaranya adalah Walk Out (WO), pengurangan tiga poin serta denda ratusan juta.

“Tim Persipura kalah 0-3 (WO), mendapatkan pengurangan tiga poin, dan denda Rp250 juta, karena tidak hadir di tempat pertandingan, serta menolak untuk bertanding, meskipun sudah dijadwalkan sebelumnya," tulis PSSI dalam keterangan resminya.

Terkait hukuman yang dijatuhi kepada Persipura, bermula ketika tim asuhan Angel Alfredo Vera itu tak kunjung memasuki lapangan di pertandingan Sabtu, 21 Februari lalu melawan Madura United.

Padahal saat itu tim lawan telah memasuki lapangan dan sempat berfoto di lapangan sebelum laga. Namun, hingga wasit hendak meniup peluit dimulainya laga, Mutiara Hitam tak juga muncul dan membuat Madura United meninggalkan lapangan.

Sikap yang diambil Persipura Jayapura sempat mengundang pertanyaan karena dari hasil PCR menunjukkan bahwa tim masih memiliki 14 pemain negatif COVID-19, sehingga tidak memenuhi kriteria pembatalan pertandingan.

Terkait hal itu, Persipura Jayapura sempat berdalih bahwa mereka tidak dalam kondisi siap menjelang laga melawan Madura United. Alasannya, di antara pemain yang terkonfirmasi negatif COVID-19 banyak yang tidak siap bermain dan berisiko jika dipaksakan bermain.

Terlepas dari alasan itu, hukuman yang dijatuhi Komdis berupa pengurangan poin tentunya sangat berdampak besar pada Persipura yang tengah berjuang lepas dari zona degradasi.

Dengan pengurangan ini, selisih poin Persela dan Persipura berkurang menjadi tiga. Persipura juga makin menjauh dari Barito Putera di posisi 15 dengan selisih empat poin yang membuat mereka harus berjuang keras di lima laga tersisa.