Sebanyak 52 Pemain Liga 1 Indonesia 2022 Terkonfirmasi Positif COVID-19 dan Diisolasi
Liga 1 Indonesia 2022 (HUMAS LIB)

Bagikan:

JAKARTA – Total pemain Liga 1 Indonesia 2022 yang terinfeksi virus COVID-19 bertambah menjadi 52 orang. Penambahan kembali terjadi menjelang pertandingan Madura United melawan Persipura Jayapura.

Beberapa pemain Madura dinyatakan positif terinfeksi sehingga pertandingan kontra Persipura pun harus ditunda. Kedua tim sebelumnya dijadwalkan bertemu pada Selasa, 1 Februari 2022, di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali.

”Total 12 tim yang sekarang terjangkit positif COVID-19 dan terkonfirmasi, tapi dengan porsi antara pemain dan ofisial berbeda-beda. Dari 12 tim tadi total ada 68 orang isolasi. Terdiri dari 52 pemain 16 ofisial,” kata Wakil Satgas COVID-19 LIB dr Alfan Nur Asyhar dalam konferensi pers pada Selasa, 1 Februari.

Sementara itu,  Direktur Operasional LIB Sudjarno mengatakan bahwa rata-rata  pemain dan ofisial yang terinfeksi COVID-19 tidak menunjukkan gejala-gejala berat. Hanya gejala ringan seperti batuk.

”Oleh karena itu, kami berharap penyembuhan bisa cepat. Tentu dengan memilah dan mengisolasi seperti ini, dengan treatment-treatment tentu ini menjadi harapan mereka bisa pulih cepat,” kata Sudjarno.

Terkait penundaan pertandingan Madura melawan Persipura, LIB sudah berkomunikasi secara resmi kepada kedua tim dan beberapa pihak terkait lainnya. Komunikasi tersebut dilakukan lewat surat bernomor 047/LIB-KOM/II/2022. 

LIB sampai saat ini belum mau menghentikan kompetisi meski kasus COVID-19 sudah mulai merebak kembali. Mereka hanya menunda pertandingan dengan mengacu pada regulasi. Terutama  dalam Regulasi Liga 1 Indonesia pasal 52 poin ke-7.

Di situ dijelaskan bahwa apabila sebuah tim punya pemain kurang dari 14 orang di hari pertandingan maka LIB dan PSSI harus menggelar pertemuan untuk memutuskan apa laga bersangkutan ditunda atau tidak dan keputusan itu bersifat final.