Xavi Apresiasi Efektivitas Serangan Barca Saat Menang Besar atas Valencia
Penggawa Barcelona merayakan selebrasi saat gol tercipta ke gawang Valencia. (Twitter.com/@FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Barcelona menang 4-1 atas Valencia pada Minggu, 20 Februari malam. Pelatih Barca, Xavi Hernandez mengaku senang dengan penampilan dan efektivitas anak asuhannya saat melakukan serangan.

“Kami tampil efektif. Kami juga menunjukkan bisa bertahan dari tekanan lawan. Kami menderita di babak kedua, tapi kami terus menyerang, minim mengambil jeda tapi bisa tampil tenang,'' kata Xavi dikutip dari Marca, Senin.

Dalam laga di Stadion Mestalla di pekan ke-25 Liga Spanyol 2021/2022 ini, Xavi menilai Barcelona tampil bagus di babak pertama meski laga berjalan sulit. Perjuangan juga terus berlanjut di babak kedua, tapi ia lega karena skuadnya bisa pulang dengan perasaan puas.

Kemenangan 4-1 yang diraih Barcelona di laga ini tak lepas dari hattrick Pierre-Emerick Aubameyang di menit 23, 38 dan 63. Sementara satu gol pelengkap diberikan oleh Frankie de Jong.

''Kami pulang dengan tiga poin luar biasa yang kami dapat dari tempat yang sulit. Kemenangannya sangat bagus. Gol-golnya fantastis,'' jelas Xavi.

Meski baru menang besar, Xavi minta timnya untuk tetap tenang. Karena Barca masih akan menghadapi Napoli di Stadion Maradona, disusul Athletic Bilbao di akhir pekan nanti di mana dua pertandingan tersebut diyakini sang pelatih akan berjalan sulit.

''Kami harus lebih konsisten dan dapat diandalkan karena dua laga lain juga tak kalah sulit. Kami harus tahu bagaimana bertahan dengan dan tanpa bola, kami kurang aspek itu,'' ucap Xavi.

Selain memuji timnya, sang pelatih juga memberi pujian secara personal terhadap penampilan Pierre-Emerick Aubameyang yang mencetak bersama Barcelona. Xavi tidak kaget dengan hal tersebut karena Aubameyang memang selalu mencetak gol sepanjang kariernya.

Mantan pemain Arsenal itu dinilai mampu mencari ruang dengan baik, dewasa, cerdas, rendah hati, dan positif saat bertanding.

''Saya senang dengan dia. Dua gol akan memberikan kepercayaan diri,'' tegas Xavi.