Gagal Menang Lawan Athletic, Barcelona Kehilangan Dua Pemain Pilar
Barcelona bermain imbang 0-0 melawan Athletic Bilbao di pertandingan La Liga Spanyol. (X/@FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Barcelona gagal memanfaatkan peluang merebut posisi kedua setelah bermain imbang 0-0 melawan Athletic Bilbao di pertandingan La Liga Spanyol di Stadion San Mames, Bilbao, Senin, 4 Maret 2024 dini hari WIB.

Kegagalan yang membuat pelatih Xavi Hernandez kecewa. Bagaimana tidak, Barca seharusnya meraih momen bagus setelah Girona kehilangan poin karena dikalahkan Mallorca 1-0.

Demikain pula pimpinan klasemen Real Madrid yang ditahan Valencia 2-2. Bila menang lawan Athletic, Barca tidak hanya memangkas jarak poin dengan Madrid tetapi juga merebut posisi kedua dengan menggeser Girona.

Namun target Barca meleset. Mereka hanya mampu meraih satu poin sehingga gagal merapatkan jarak poin. Kini, Barca yang tetap berada di peringkat tiga mengantungi poin 58.

Mereka tetap tertinggal delapan poin dengan Madrid. Sementara, Girona yang menduduki posisi dua memiliki poin 59.

Selain gagal meraih poin penuh, Barca kehilangan dua pilar penting. Gelandang Frenkie de Jong dan Pedri mengalami cedera sehingga sudah harus ditarik keluar di babak pertama.

De Jong mendapat cedera pada kaki yang membuat dia meninggalkan lapangan pada menit 26. Tak lama kemudian atau menjelang turun minum giliran Pedri yang keluar yan mengalami cedera kaki kanan.

"Ini menjadi hari yang menyedihkan," kata Xavi.

"Kami baru bisa mengetahui secara pasti cedera yang dialaminya setelah menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Tetapi sepertinya memang kurang bagus. Mereka kemungkian absen pada beberapa pertandingan," ujarnya.

Di pertandingan itu, Barca sempat memberi tekanan pada pertahanan tuan rumah. Hanya serangan mereka selalu gagal. Peluang terbaik diperoleh Joao Cancelo. Namun sepakannya bisa dihalau barisan pertahanan Athletic.

Di babak kedua, Athletic menunjukkan dominasinya. Mereka bermain lebih agresif dan mendapat peluang melalui Inaki Williams dan Alex Berenguer. Hanya, peluang itu gagal dikonversi menjadi gol.

Pemain Athletic pun sempat frustrasi karena menghadapi pertahanan kokoh Blaugrana. Sampai akhir laga skor tetap 0-0.

Tambahan satu poin ini menjadikan Athletic mengantungi poin 50. Mereka menduduki peringkat lima dan masih terpaut lima poin dengan Atletico Madrid.