Prediksi La Liga Spanyol 2023/2024 Barcelona Vs Athletic Bilbao: Rotasi Tanpa Lewandowski
Barcelona merayakan gol Lamine Yamal (kiri). Yamal yang sudah pulih dari cedera kembali bermain melawan Athletic Bilbao. (Foto: fcbarcelona.com)

Bagikan:

JAKARTA - Barcelona masih belum diperkuat striker Robert Lewandowski saat menjamu Athletic Bilbao di pertandingan La Liga Spanyol di Stadion Olimpic Lluis Companys, Senin, 23 Oktober dini hari WIB. Pelatih Xavi Hernandez pun merotasi pemain di sektor depan tanpa ada Lewandowski.

Rotasi pemain di tengah jadwal pertandingan yang berat dalam satu pekan ke depan menjadi langkah yang dilakukan Xavi.

Setelah bertarung menghadapi Athletic, Barca bertemu Shakhtar Donetsk di Liga Champions, Rabu, 25 Oktober malam WIB. Puncaknya duel el clasico dengan menjamu rival bebuyutan Real Madrid, Sabtu, 28 Oktober malam WIB.

Xavi harus merotasi pemain karena kehilangan sebagian pilar tim. Tidak hanya Lewandowski tetapi juga Pedri, Raphinha, Frenkie de Jong dan Jules Kounde yang masih cedera.

Mereka bakal absen saat Barca meladeni Athletic. Namun keempatnya dipastikan fit saat el clasico.

Beruntung, dua pilar Lamine Yamal dan Alejandro Balde sudah pulih sehingga bisa tampil di laga ini. Karena cedera, keduanya absen memperkuat tim nasional Spanyol di pertandingan kualifikasi Euro 2024. Bahkan Barca sampai harus menyerahkan bukti medis bila Yamal memang cedera dan harus menjalani pemulihan.

Selain itu, Ronald Araujo dan Ilkay Gundogan sudah kembali bergabung dengan tim. Meski tidak mengikuti latihan karena butuh istirahat usai bermain untuk timnas, Xavi memastikan mereka bisa tampil melawan Bilbao.

"Keempatnya 100% bisa tampil di pertandingan Minggu. Lamine dan Alejandro sudah pulih. Ronald dan Gundogan hanya perlu istirahat saja," ucap Xavi.

Kembalinya Yamal menjadikan Xavi bisa merotasi di sektor depan. Apalagi Raphinha juga belum bisa dimainkan. Trisula Ferran Torres yang ditopang Yamal dan Joao Felix akan kembali menjadi pilihan pertama seperti saat menghadapi Granada.

Di laga lawan Granada, Yamal menyumbang satu gol yang menyelamatkan Barca yang sebelumnya tertinggal 2-0 dan kemudian mengakhirnya dengan skor 2-2. Hasil itu merupakan skor imbang ketiga yang diraih Barca dari sembilan pertandingan di kompetisi domestik.

Sedangkan enam lagi dimenangkan Blaugrana sehingga mereka bertengger di peringkat tiga dengan poin 21. Barca masih tertinggal tiga poin dengan Madrid yang bertengger di puncak klasemen.

Di laga melawan Athletic, meski tanpa Lewandowski, Barca masih menjadi unggulan. Mereka memiliki tren bagus dan tak pernah kalah di kandang sendiri saat menghadapi Athletic sejak Agustus 2019.

Hanya saja, Athletic tetap bukan lawan enteng bagi Barca. Keberhasilan mereka menduduki peringkat lima dengan 17 poin menunjukkan bila Athletic tak bisa diremehkan.

Apalagi rekor tandang pasukan Ernesto Valverde cukup meyakinkan. Mereka mampu meraih tujuh poin dri empat laga away. Ini yang menjadikan The Lions percaya diri menatap laga di kandang Barca.

Di laga ini, Athletic kehilangan pemain sayap Nico Williams yang menjadi incaran Barca. Williams absen karena cedera punggung.

Posisi dia diambil alih Iker Muniain yang menopang centre forward Gorka Guruzeta bersama Inaki Williams dan Oihan Sancet. Sedangkan duo gelandang pivotal diisi Dani Garcia dan Ander Herrera.

Di belakang bek Aitor Paredes membangun benteng pertahanan sekaligus mengawal kiper timnas Spanyol Unai Simon. Kekuatan Barca yang cukup komplet memang menjadi ancaman Barca bila tidak waspada.

Prakiraan Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Cancelo, Christensen, Araujo, Balde; Gundogan, Romeu, Gavi; Yamal, F Torres, Felix

Athletic Bilbao (4-2-3-1): Simon; De Marcos, Paredes, Vivian, Berchiche; Herrera, D Garcia; I Williams, Sancet, Muniain; Guruzeta