Bagikan:

JAKARTA - Barcelona mengalahkan Athletic Bilbao 2-1 di pertandingan La Liga Spanyol di Stadion Olimpic Lluis Companys, Minggu, 25 Agustus 2024 dini hari WIB. Namun kemenangan itu belum bisa membawa Barca menggeser Celta Vigo dari posisi puncak.

Barcelona melanjutkan tren kemenangan di kompetisi domestik. Penyerang veteran Robert Lewandowski menjadi penentu kemenangan Barca di pertandingan yang berjalan ketat.

Keberhasilan meraih tiga poin kedua setelah menang 2-1 pada laga pertama melawan Valencia menjadikan Barca kembali menduduki peringkat dua klasemen sementara Liga Spanyol.

Kini, Barca mengantungi poin enam sekaligus menyamai perolehan poin Celta Vigo yang menang 3-1 atas Valencia. Hanya Blaugrana kalah selisih gol sehingga belum bisa merebut posisi puncak klasemen.

Sebaliknya, Bilbao tertahan di papan bawah karena di laga pertama mereka bermain imbang 1-1 melawan Getafe. Bilbao menduduki peringkat 16 setelah mendapatkan poin satu.

"Saya merasa puas dengan dua kemenangan dari laga melawan tim yang tangguh," kata pelatih Barca Hansi Flick.

Tak hanya itu, Flick pun tak bisa menurunkan skuat terbaik. Barca sudah ditinggalkan gelandang Ilkay Gundogan yang kembali ke Manchester City. Selain itu, sejumlah pemain seperti Gavi, Ronald Araujo dan Frenkie De Jong belum pulih dari cedera.

Gelandang anyar Dani Olmo pun belum bisa tampil. Barca belum bisa mendaftarkan Olmo ke La Liga karena klub belum mematuhi ketentuan Financial Fair Play.

"Kami kehilangan pemain yang mengalami cedera. Meski demikian, kami bermain bagus, terutama di sektor pertahanan," ucapnya.

Di laga itu, Barca menunjukkan penampilan terbaik. Mereka mengambil inisiatif menyerang dan menciptkan sejumlah peluang. Upaya tuan rumah akhirnya membuahkan hasil saat Lamine Yamal membobol gawang Bilbao di menit 24. Pemain timnas Spanyol ini memanfaatkan kesempatan dengan menyambar bola liar yang menaklukkan kiper Alex Padilla.

Hanya Barca gagal mempertahankan keunggulan. Menjelang akhir babak pertama, Bilbao berhasil menyamakan skor dari titik penalti setelah bek Pau Cubarsi melakukan pelanggaran terhadap Alex Berenguer di kotak terlarang.

Wasit menunjuk titik putih dan Oihan Sancet sukses menaklukkan kiper Marc-Andre Ter Stegen, Skor kembali sama kuat 1-1 yang bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Barca tak menurunkan tempo permainan. Mereka bermain terbuka demi mendapatkan gol kedua. Sebaliknya, Bilbao yang mengandalkan pemain yang sempat dibidik Barca, Nico Willams, juga tampil menyerang. Namun mereka belum bisa menambah gol.

Barca akhirnya berhasil unggul setelah Lewandowski memecah kebuntuan di menit 75. Dirinya menyambut bola rebound yang dihalau kiper Padilla. Skor berubah menjadi 2-1 untuk Barca. Mereka mempertahankan keunggulan itu sampai akhir laga.