Bagikan:

 

JAKARTA – Ramadhan Sananta bersyukur mendapat panggilan dari Shin Tae Yong untuk masuk ke dalam skuad tim nasional Indonesia yang akan melawan Arab Saudi. Pemain yang membela Persis Solo ini termasuk satu dari 26 nama yang berada di daftar untuk pertandingan pertama dari putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia tersebut.

Sananta mengatakan bahwa kepercayaan yang diberikan oleh juru taktik asal Korea Selatan itu akan menjadi tantangan baru buatnya. "Ini persaingan yang sulit. Saya harus kerja terus buat ke depannya," ujar sang pemain usai melakoni pertandingan melawan Persija Jakarta pada Sabtu, 24 Agustus malam WIB.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pekan lalu sudah memenuhi keinginan Shin Tae Yong dengan mendatangkan asisten pelatih khusus striker di Timnas Indonesia. Nama yang ditunjuk adalah Yeom Ki Hun. Kehadiran Ki Hun diharapkan bisa menutupi titik terlemah dari skuad Garuda untuk laga-laga penting dari putaran ketiga kualifikasi.

"Membantu sekali karena menurut saya juga penting karena kedatangan pelatih striker di timnas akan sangat membantu saya dan striker lainnya," ujar Sananta menanggapi kehadiran Ki Hun.

Sananta diberikan kepercayaan bermain sejak menit pertama dalam laga melawan Persija. Ia tidak mencetak gol di laga itu dan baru diganti saat waktu normal laga tersisa sepuluh menit. Dalam pertandingan yang disaksikan langsung oleh Shin Tae Yong tersebut, Sananta dan rekan-rekannya gagal membawa pulang poin akibat kalah 1-2.

"Saya tidak melihat STY ada di atas [tribun], tetapi saya sudah memberikan yang terbaik. Inilah sepak bola. Kami [pemain] memberikan yang terbaik tapi situasi sulit dan kami kalah," ujar Sananta.

Indonesia dijadwalkan memainkan pertandingan tandang pertama Grup C melawan Arab Saudi pada Jumat, 6 September nanti di Stadion King Abdullah Sport City. Selain Arab Saudi, Indonesia juga akan ditantang oleh Australia, Jepang, Bahrain, dan Cina. Total Indonesia akan memain sepuluh pertandingan selain putaran ketiga ini.

Dua tim terbaik dari masing-masing grup otomatis akan lolos ke Piala Dunia. Sementara itu, posisi ketiga dan keempat akan melanjutkan perjalanan ke putaran keempat.