Bagikan:

JAKARTA – Timnas Indonesia akan memainkan dua pertandingan putaran ketiga dari Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia awal bulan depan. Berikut ini jadwal pertandingannya.

Rangkaian laga untuk putaran ketiga dimulai pada 5 September nanti dan akan berlangsung sampai dengan Juni tahun depan. Total ada 18 tim dan dibagi rata ke dalam tiga grup.

Setiap tim akan memainkan total sebanyak sepuluh pertandingan. Hasilnya dua tim terbaik dari masing-masing grup otomatis lolos ke Piala Dunia 2026 nanti, sedangkan posisi ketiga dan keempat harus melanjutkan kualifikasi ke putaran keempat.

Indonesia masuk dalam Grup C bersama negara-negara kuat seperti Arab Saudi, Australia, dan Jepang. Adapun dua lawan lainnya yang akan dihadapi oleh Indonesia adalah Bahrain dan China.

Arab Saudi dan Australia pun akan menjadi lawan pertama yang harus ditemui skuad Garuda. Bentrok melawan kedua negara itu masing-masing terjadi pada 6 dan 10 September nanti.

Indonesia akan terlebih dahulu memainkan laga tandang ke markas Arab Saudi di Stadion King Abdullah Sports City. Setelah itu, tim besutan Shin Tae Yong kembali ke Indonesia dan mempersiapkan diri untuk menjamu Australia.

Situasi Timnas Indonesia cukup genting ketika memainkan pertandingan pertama. Pasalnya, sejumlah pemain intinya di lini pertahan dipastikan absen karena alasan berbeda-beda.

Tiga nama yang dipastikan absen adalah Jordi Amat, Justin Hubner, dan Elkan Baggott. Justin terkena sanksi akumulasi kartu, Jordi Amat terkendala cedera, dan Baggott tidak dipanggil oleh pelatih Shin Tae Yong.

Dengan demikian, STY hanya akan mengandalkan Jay Idzes dan Rizky Ridho. Namun, juru taktik asal Korea Selatan itu punya opsi untuk menurunkan Sandy Walsh dan Nathan Tjoe-A-On sebagai bek tengah.

Pilihan ini pernah dilakukan oleh pelatih berusia 53 tahun itu. Sandy pernah ia plot sebagai bek tengah saat tampil di Piala Asia 2023, sedangkan Nathan dicoba saat bermain di Piala Asia U-23 2024.

Jadwal Timnas Indonesia:

Jumat, 6 September 2024

Arab Saudi vs Indonesia

Stadion King Abdullah Sports City

Selasa, 10 September 2024

Indonesia vs Australia

Stadion Utama Gelora Bung Karno.