Sergi Roberto Cetak Brace Menangkan Barcelona atas Almeria
Kapten Barcelona Sergi Roberto (kanan) dkk merayakan gol di laga melawan Almeria. (X/@FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Barcelona meraih kemenangan tak mudah 3-2 atas tim papan bawah Almeria saat menutup kompetisi La Liga Spanyol sebelum libur Natal dan Tahun Baru di Stadion Olimpico Lluis Companys, Kamis, 2 Desember dini hari WIB. Gelandang Sergi Roberto mencetak brace yang mengakhiri catatan tiga laga Barca tanpa kemenangan.

Rekor tak menang selama tiga laga sebelumya Barca di berbagai kompetisi terputus sudah. Usai menang 1-0 lawan Atletico Madrid, mereka memang menelan dua kekalahan berturut-turut dan sekali bermain imbang.

Barca kalah 4-2 saat menjamu Girona. Tren buruk ini berlanjut saat Barca menghadapi Royal Antwerp di laga terakhir penyisihan grup Liga Champions.

Mereka dipaksa menyerah 3-2 di laga terakhir penyisihan grup dan kemudian bermain imbang 1-1 melawan Valencia di kompetisi domestik.

Pencapaian tak memuaskan itu menjadikan pelatih Xavi Hernandez mulai diterpa isu pergantian nakhoda tim. Bahkan sudah muncul nama Rafael Marquez yang saat ini menangani tim yunior Barcelona Atleti yang disebut-sebut menggantikan Xavi.

Namun di tengah isu suksesi itu, Xavi kembali membuktikan kinerjanya. Di pertandigan kandang, Barca kembali ke jalur menang setelah menaklukkan penghuni dasar klasemen Almeria.

Hasil pertandingan itu menjadikan Barca naik satu strip dengan menduduki peringkat tiga. Barca mengantungi poin 38 atau unggul tiga poin sekaligus menggeser Atletico.

Selain itu, Barca masih tertinggal enam poin dengan Girona yang bertengger di puncak klasemen. Sementara, Real Madrid yang menduduki peringkat dua mengantungi poin 42.

Almeria sendiri kian terbenam di dasar klasemen dengan poin lima. Mereka tak pernah memenangkan pertandingan dan mendapat poin dari hasil imbang. Bila tak kunjung meraih poin, Almria hampir dipastikan terdegradasi musim depan.

Laga Barca melawan Almeria menjadi yang terakhir bagi kedua tim karena memasuki libur akhir tahun. Mereka kembali mengarungi kompetisi pada awal Januari 2024 atau setelah tahun baru.

Tampil di kandang sendiri, Barca sepenuhnya mendominasi. Namun mereka lebih banyak membuang peluang dan harus bekerja keras memenangkan pertandingan.

Di babak pertama, Barca paling tidak punya 15 peluang dan lima tendangan ke gawang tetapi hanya satu yang bisa dikonversi menjadi gol. Pemain depan Raphinha akhirnya membawa Barca unggul di menit 33.

Gol berawal saat kiper Almeria Luis Maximiano menggagalkan sundulan bek Ronald Araujo yang menyambut bola dari sepak pojok.

Hanya Maximiano gagal menangkap bola sehingga rebound. Bola liar pun disambar Raphinha dengan tendangan jarak dekat yang menghunjam gawang lawan.

Sayangnya, Barca tak bisa mempertahankan keunggulan. Striker Leo Baptistao berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 menjelang akhir babak pertama. Gol itu sebetulnya sempat dianulir karena dianggap offside.

Namun setelah ditinjau lewat VAR, gol dinyatakan bersih dan tidak ada offside. Wasit pun membatalkan keputusan dan mengesahkan gol itu.

Di babak kedua, Barca tetap mendominasi. Kali ini serangan Blaugrana berjalan lebih efektif. Terbukti, Barca kembali unggul melalui kapten Sergi Roberto yang mencetak gol menit 60.

Lagi-lagi, Almeria yang menolak menyerah berhasil menyamakan skor. Kali ini bek Edgar Gonzalez yang membobol gawang Inaki Pena di menit 71. Skor kembali sama kuat 2-2. 

Beruntung, Sergi Roberto menunjukkan kemampuannya untuk membawa Barca kembali unggul di menit 83.

Menerima umpan dari striker Robert Lewandowski, dirinya sempat ngolongin alias nutmeg kiper Maximiano sebelum membobol gawangnya. Skor berubah menjadi 3-2 untuk Barca dan bertahan sampai akhir laga.