Stadion Ajinomoto, Markas Klub Baru Pratama Arhan Milik Perusahaan Bumbu Masak Jepang yang Terkenal di Indonesia
Stadion Ajinomoto Instagram.com/@tokyo_verdy

Bagikan:

JAKARTA - Pratama Arhan kini resmi jadi anggota klub Jepang, Tokyo Verdy. Di klub barunya, Arhan akan bermarkas di Stadion Ajinomoto.

Markas baru Arhan itu juga dikenal sebagai Tokyo Stadium yang merupakan stadion multi fungsi. Bukan cuma jadi markas Tokyo Verdy, Stadion Ajinomoto juga merupakan rumah bagi F.C.TOKYO.

Dengan fungsinya sebagai homebase dari dua klub sepak bola, hal itu menjadi yang pertama terjadi di stadion di Jepang. Seperti diutarakan di laman resmi Stadion Ajinomoto.

“Ini adalah satu-satunya stadion di Jepang yang mengakomodasi dua tim sebagai home stadium," tulis situs resmi Stadion Ajinomoto dikutip Jumat, 18 Februari.

Terkait penamaan stadion, hal itu dimiliki oleh Ajinomoto, merek penyedap masakan yang juga terkenal di Indonesia. Stadion ini dibuka pada 10 Maret 2001 dan bisa menampung hingga 48 ribu bangku penonton. Selain olahraga, klub ini turut digunakan untuk konser, serta keperluan masyarakat lainnya.

Bergeser pada sejarah klub baru tempat Arhan kini merumput, Tokyo Verdy saat ini berada di J-League 2, atau kasta kedua Liga Jepang. Klub ini didirikan pada 1969 dengan nama lengkap Tokyo Verdy 1969 Football Club.

Sepanjang sejarah, Tokyo Verdy pernah menjuarai Liga Jepang sebanyak tujuh kali. Selain itu, Tokyo Verdy juga enam kali menjadi juara J League Cup.

Arhan bukan pemain Indonesia pertama yang berkarier di Jepang. Sebelumnya, ada nama Ricky Yacobi yang direkrut Matsushita Electric FC yang kini bernama Gamba Osaka, lalu Irfan Bachdim, dan kemudian Stefano Lilipaly.