Banyak Klub Hampiri, Pratama Arhan Ungkap Alasan Akhirnya Jatuhkan Hati Pada Tokyo Verdy
Pratama Arhan/FOTO: Ulfa Gusti Utami-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Pratama Arhan resmi direkrut oleh Tokyo Verdy dari PSIS Semarang dengan status bebas transfer pada 16 Februari 2022.

Sebelum akhirnya menjatuhkan hati pada tawaran klub asal Jepang itu, Arhan mengaku ada sejumlah klub yang juga mengajukan tawaran ke agennya, Dusan Bogdanovic.

“Memang banyak beberapa tawaran kepada agen saya. Tetapi soal tawaran itu kan urusan agen saya. Jadi, saya fokus main bola,” kata Pratama Arhan saat ditemui di kantor PSSI dalam acara pelepasannya pada Jumat, 4 Maret.

Meskipun mengakui banyak tawaran dari klub-klub yang datang, Arhan kemudian menetapkan pilihannya untuk merumput di Liga Jepang bersama Tokyo Verdy.

Bek berusia 20 tahun itu mengatakan alasannya memilih Tokyo Verdy yang berkompetisi di J2 League. Ia melihat Liga Jepang merupakan yang terbaik di Asia.

“Tokyo Verdy sudah menawarkan dari satu tahun yang lalu, sebelumnya juga banyak tim yang ajukan tawaran,” kata Arhan.

“Menurut saya liga Jepang juga termasuk liga terbaik di Asia jadi saya memutuskan untuk memilih di sini (Tokyo Verdy) dan juga sejarah timnya bagus,” ujar Arhan melanjutkan.

Soal pilihan Arhan yang berdasar pada latar belakang tim, hal tersebut memang tak berlebihan. Sebab, Tokyo Verdy pun punya catatan apik dalam persaingan di sepak bola Jepang.

Saat masih bernama Verdy Kawasaki, mereka menjadi satu dari 10 tim yang berpartisipasi pada musim perdana J League atau kompetisi sepak bola teratas Liga Jepang.

Pada musim perdana J League yang digelar pada 1993, Verdy Kawasaki yang kini menggunakan nama Tokyo Verdy berhasil tampil sebagai juara.

Ada pun kali terakhir klub yang bermarkas di Ajinomoto Stadium itu berkompetisi di J1 League adalah pada musim 2008.

Pada musim itu, Tokyo Verdy finis di peringkat ke-17 dari 18 peserta sehingga harus terdegradasi ke J2 League.