Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mendukung keputusan Pratama Arhan untuk meninggalkan klub asal Jepang, Tokyo Verdy. Hal itu berkaitan dengan jam bermain yang lebih baik.

Sebelumnya diketahui bahwa Pratama Arhan dipastikan hengkang dari Tokyo Verdy seiring dengan kontraknya yang juga berakhir pada akhir Desember 2023.

Namun, hingga kini masih belum diketahui ke mana pemain Timnas Indonesia itu akan berlabuh.

Keputusan Arhan tak melanjutkan kontrak di Tokyo Verdy didukung Shin Tae-yong. Ia merasa bahwa anak asuhnya itu pantas mendapatkan klub yang lebih baik yang mana ia akan punya jam terbang lebih banyak.

“Saya berharap pemain yang pindah ke mana pun harus dapat bermain di timnya. Dia (Pratama Arhan) hampir tidak main di Tokyo Verdy."

"Menurut saya, itu pilihan yang baik jika dia pindah dan dapat bermain terus,” kata Shin Tae-yong dalam keterangan yang dikutip Jumat, 15 Desember 2023.

Soal dukungan Shin Tae-yong, sebelumnya diketahui bahwa sejak bergabung dengan Tokyo Verdy pada 2022, Pratama Arhan gagal menembus tim utama.

Musim ini bek 21 tahun itu hanya tampil di tiga pertandingan di semua kompetisi, termasuk dua laga di Piala Emperor.

Hengkangnya Pratama Arhan dari Tokyo Verdy juga sempat disampaikan sang agen, Dusan Bogdanovic. Meski tak lagi bermain di Jepang, Bogdanovic memastikan bahwa ia berupaya mencarikan kliennya ini klub di luar Indonesia.

“(Pratama) Arhan sudah tidak akan bertahan di Tokyo Verdy. Kami mungkin umumkan dalam bulan ini destinasi baru Arhan, tapi kami sudah teken kontrak dengan tim baru,” kata Dusan Bogdanovic.

“Belum pasti Korea, belum pasti Jepang, tapi pasti luar negeri. Semoga ini akan jadi pilihan yang terbaik buat masa depan Arhan,” tambahnya.