Shin Tae-yong Pede Pratama Arhan Bisa Unjuk Gigi di Tokyo Verdy
Pratama Arhan gabung Tokyo Verdy. (Instagram/@pratamaarhan8)

Bagikan:

JAKARTA - Pemain tim nasional Indonesia, Pratama Arhan, segera menjalani karier barunya bersama klub Jepang, Tokyo Verdy. Mantan pemain PSIS itu akan berkiprah di Liga 2 Jepang (J2 League).

Beberapa pihak ada yang meragukan Pratama Arhan bisa bermain baik di sana, tapi tidak dengan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Menurut Shin, anak asuhnya itu bisa unjuk gigi di Tokyo Verdy karena memiliki kedisiplinan yang baik.

"Arhan itu disiplin. Saya yakin dia bisa bersaing dengan baik di sana," ujar Shin di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, seperti dikutip Antara.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan, Pratama Arhan sudah berdiskusi dengannya sebelum memutuskan bergabung dengan Tokyo Verdy.

Dia memberikan masukan kepada pesepak bola berusia 20 tahun tersebut bahwa sepak bola Jepang sangat detail. Shin pun berharap, pemain masa depan Indonesia itu bisa menimba banyak ilmu dari Jepang agar semakin berkembang.

"Sepak bola Jepang dapat membantunya menjadi pemain yang lebih fokus dalam pertandingan. Kelak Arhan pun bisa memberikan contoh kepada sepak bola Indonesia," kata Shin.

Pratama Arhan direkrut Tokyo Verdy dengan kontrak selama dua tahun mulai Maret 2022. Tokyo Verdy merupakan salah satu klub tersukses di Jepang dengan mengumpulkan dua gelar juara J1 League, lima status kampiun Piala Emperor, enam trofi juara Piala J League dan satu kali juara Liga Champions Asia.