Kekayaan Bersih Abramovich Merosot Rp12,5 Triliun dalam Sehari akibat Investor Takut Rusia Serang Ukraina
Roman Abramovich (Instagram @_roman_abramovich_)

Bagikan:

JAKARTA - Kekayaan bersih Roman Abramovich mengalami penurunan sebesar 650 juta poundsterling atau setara Rp12,5 triliun hanya dalam satu hari. Dilaporkan, invasi Rusia ke Ukraina memicu kepanikan di kalangan investor.

Ketegangan antara Rusia dan Ukraina sebagai ancaman invasi Rusia meningkat dari hari ke hari. Kini, ketakutan terjadinya invasi tersebut memengaruhi harga saham.

Menurut Forbes, Abramovich memiliki total kekayaan bersih sebesar 10 miliar poundsterling. Kekayaan tersebut dibangun dari investasi di berbagai sektor bisnis dalam tiga dekade terakhir.

Abramovich jadi pemilik Chelsea sejak musim panas 2003. Sejak itu, klub London ini memenangkan bebrbagai gelar termasuk lima gelar liga dan dua Liga Champions. Terbaru, The Blues menjuarai Piala Dunia Antarklub setelah mengalahkan Palmeiras.

Salah satu perusahaan yang sahamnya dimiliki Abramovich adalah Evraz, sebuah perusahaan baja dan pertambangan yang menjalankan sebagian besar operasinya di Rusia.

Nilai saham sang bos di Evraz dilaporkan turun 28,6 persen pada hari Senin karena investor khawatir sanksi akan diberikan kepada Rusia jika mereka menyerang Ukraina.

Menurut laporan The Sun, harga saham Evraz sejauh ini turun 29 persen, menyebabkan kekayaan bersih Abramovich turun sekitar 650 juta poundsterling dalam sehari.