Kehidupan Abramovich Setelah Menjual Chelsea: Di Mana Dia Tinggal, Apa Klub Barunya dan Berapa Kekayaan Bersihnya Sekarang?
Roman Abramovich (Instagram @_roman_abramovich_)

Bagikan:

JAKARTA - Status Roman Abramovich sebagai pemilik Chelsea berakhir pada Senin setelah pengambilalihan klub akhirnya rampung.

Setelah membeli The Blues pada tahun 2003, Abramovich terpaksa menjualnya setelah mendapat sanksi dari pemerintah Inggris karena hubungannya dengan Vladimir Putin setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Sebuah konsorsium yang digawangi oleh salah satu pemilik Los Angeles Dodgers, Todd Boehly adalah pemilik baru raksasa Liga Premier tersebut. Kini, Abramovich memulai kehidupan barunya.

Di mana dia tinggal

Berkat kekayaannya yang cukup besar, Abramovich telah membangun portofolio properti yang mengesankan dengan beberapa rumah di Inggris yang diyakini totalnya bernilai 200 juta poundsterling. Dia juga memiliki properti di Prancis, Rusia, Amerika Serikat, dan Karibia.

Pada tahun 2009, Abramovich membeli mansion Kensington dengan 15 kamar tidur seharga 90 juta poundsterling. Properti tersebut sekarang bernilai 150 juta poundsterling.

Namun, sanksi-sanksi yang diterima Abramovich memengaruhi kepemilikannya atas mansion tersebut. Petugas kebersihan bahkan tidak di[erkenankan memasuki properti ini.

Dia juga dilaporkan gagal membayar sewa 10 ribu poundsterling kepada Ratu Elizabeth II untuk tanah tempat rumah itu dibangun setelah disanksi oleh pemerintah Inggris.

Selain mansion, Abramovich juga memiliki penthouse senilai 22 juta poundsterling di Thames dan flat London barat yang dia beli seharga 8,75 juta poundsterling.

Klub sepak bola baru?

Sejak mendapat sanksi yang memaksanya untuk menjual Chelsea, Abramovich kerap kali dikaitkan dengan klub sepak bola baru. Mundur ke bulan Maret, dia dilaporkan telah melakukan pembicaraan untuk membeli klub Super Lig Turki, Goztepe.

Selama 96 tahun berdiri, klub sangat minim prestasi. Tetapi, mereka bersaing di salah satu derbi sepak bola paling sengit melawan rival lokal Karsiyaka.

Namun, Goztepe membantah telah memiliki kesepakatan dengan Abramovich dan klub itu terdegradasi musim ini, mengakhiri masa tinggal lima tahun mereka di papan atas Turki. Jadi, masih harus dilihat apa klub Abramovich berikutnya jika dia kembali bermain di olahraga ini.

Kekayaan bersih saat ini

Kekayaan bersih Abramovich mendapat pukulan serius setelah dia terkena sanksi akibat invasi Rusia ke Ukraina awal tahun ini.

Baru-baru ini, Sunday Times Rich List menempatkan Abramovich pada posisi ke-28 dalam daftar orang terkaya di Inggris dengan kekayaan mencapai 6 miliar poundsterling. Turun 22 tempat dari tahun 2021, ketika dia berada di peringkat enam.

Kekayaan bersihnya juga dipahami telah anjlok lebih dari setengahnya, di mana pada tahun lalu pria berusia 55 tahun itu memiliki 12,2 miliar poundsterling.