4 Calon Potensial Beli Chelsea dari Roman Abramovich: Mulai dari Mantan Orang Terkaya Inggris Hingga Pemilik LA Lakers
Roman Abramovich akan segera menjual Chelsea. (Instagram/@chelseafc)

Bagikan:

JAKARTA - Roman Abramovich sudah menyatakan niatannya untuk menjual Chelsea. Penyebabnya adalah sanksi yang diberikan pemerintah Inggris buntut dari invasi Rusia ke Ukraina.

Setelah 19 tahun membangun Chelsea, Abramovich akhirnya dipaksa angkat kaki.

Belum dipastikan siapa yang akan menjadi pemilik baru Chelsea. Namun, Abramovich diyakini akan melepas klubnya dalam beberapa hari ke depan jika sudah ada tawaran yang tepat.

Sejumlah nama dikabarkan tertarik untuk membeli Chelsea. Namun, ada empat nama yang disebut sebagai calon potensial.

Siapa saja mereka? Berikut ini empat calon potensial pemilik baru Chelsea menggantikan Roman Abrahomvich, seperti dilansir Sun Sport:

Sir Jim Ratcliffe

Kekayaan: 6,33 miliar pounds (sekitar Rp121 triliun)

Dia merupakan orang terkaya di Inggris pada 2018, kini menempati posisi ke-25. Berbasis di Monako, dia merupakan ketua dan pemilik mayoritas pembangkit tenaga kimia, Ineos Group.

Jim Ratcliffe juga diketahui sebagai pemegang saham klub Prancis, Nice, dan memiliki tim sepeda profesional, Ineos Grenadiers.

Ratcliffe sebenarnya merupakan penggemar rival Chelsea, Manchester United. Meski demikian, dia diketahui memiliki tiket musiman Chelsea, lho!

Jadi, bukan tak mungkin dia bisa jadi bos baru dari pasukan Thomas Tuchel.

Stephen Ross

Kekayaan: 6 miliar pounds (sekitar Rp115 triliun)

Mungkin sosok ini akan menjadi pilihan yang paling kontroversial. Dia sosok yang paling terlibat dalam gagasan Europe Super League.

Dia juga yang menggagas turnamen International Champions Cup, turnamen pramusim yang mempertemukan tim-tim terbaik di Eropa.

Ross banyak menghasilkan uang sebagai pengembang real estate. Dia juga dikenal sebagai pemegang saham mayoritas di Related Companies, perusahaan yang dia dirikan mulai 1972.

Dia juga dikenal sebagai pemilik klub NFL, Miami Dolphins berserta dengan Stadion Hard Rock.

Todd Boehly

Kekayaan: 4 miliar pounds (Rp76 triliun)

Taipan asal AS ini pernah menyatakan tertarik membeli Chelsea pada 2019. Namun, kala itu tawaran senilai 3 miliar pounds ditolak Roman Abramovich.

Boehly adalah ketua dan CEO dari Eldridge Industries, sebuah perusahaan investasi swasta.

Dia juga diketahui sebagai pemilik dari klub NBA, Los Angeles Lakers. Tim LA Dodgers dan LA Sparks juga miliknya.

Hansjorg Wyss

Kekayaan: 4 miliar pounds (Rp76 triliun)

Calon investor tertua dengan usia 86 tahun. Dia adalah sosok yang mengklaim dapat tawaran dari Roman Abramovich untuk membeli Chelsea.

"Abramovich ingin menjual rumahnya di Inggris, dia juga ingin segera keluar dari Chelsea," ujar Hansjorg.

Dia mengaku, ada tiga orang lain yang juga ditawari Abramovich. Namun, dia tak tahu pasti berapa nilai jual klub Liga Inggris itu.

Wyss adalah pendiri Synthes USA, produsen perangkat medis terbesar di dunia. Mayoritas kekayaannya berasal dari penjualan Johnson & Johnson.