Amartha Hangtuah Beri Kekalahan Kedua untuk Indonesia Patriots di IBL 2022
Amartha Hangtuah (IBL)

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia Patriots kembali menerima kekalahan. Hasil yang kurang memuaskan itu didapat ketika mereka mereka bersua dengan Amartha Hangtuah.

Patriots kalah dari Hangtuah setelah duel berakhir dengan skor 58-60 di Hall Basket Senayan, Jakarta, Kamis, 20 Januari 2022. Ini menjadi kekalahan kedua bagi anak asuh Milos Pejic di seri pertama IBL 2022.

"Pertandingan yang sangat layak disaksikan. Dalam pertandingan ini, kami bermain dengan defense yang sangat baik. Tim ini yang membedakan hanya masalah pengalaman. Seluruh pemain yang ada di sini saya bentuk supaya lebih baik dari hari ke hari," kata Pejic dalam keterangan tertulisnya yang didapat VOI.

Fisyaiful Amir dan Sevly Rondonuwu membuka lima angka pertama Hangtuah. Setelah itu, pemain Patriots Victory Jacob Emilio Lobbu dan Dame Diagne memperkecil gap angka tersebut.

Fisyaiful dan Sevly kembali menambah poin membuat Hangtuah memimpin 13-4 pada lima menit pertama. Setelah Aldy Izzatur Rahman membuat angka untuk Patriots, poin dari Fisyaiful dan Firman Yohanes Situmorang berhasil menutup kuarter pertama untuk keunggulan Hangtuah 19-6.

Kuarter kedua, Patriots bangkit mengejar. Ali Bagir Wayarabi Alhadar dan rekan-rekannya mampu menciptakan 17 angka dan dibalas dengan 12 angka oleh pasukan Hangtuah.

Memasuki kuarter ketiga, Sevly membuat tiga tembakan tiga angka beruntun membuat Hangtuah memimpin 42-25. Kemudian angka-angka lewat lay up Gunawan dan Firman makin menjauhkan Hangtuah dari kejaran Patriots.

Dame dan Mario Davidson berhasil menipiskan jarak angka. Namun, lima menit awal kuarter ketiga, Hangtuah memimpin 46-29. Kuarter ini akhirnya ditutup dengan keunggulan 12 angka bagi Hangtuah, 55-43.

Kuarter terakhir seolah neraka bagi Hangtuah. Ali Bagir, Mario dan Julian Chalias mendekatkan marjin menjadi 50-57. Satu free throw Fisyaiful dibalas dengan angka-angka beruntun dari Bagir sehingga gap antara kedua tim mengecil menjadi 58-56.

Free throw Anton Waters kemudian mengubah skor menjadi 60-56. Disusul lay up Aldy satu menit sebelum pertandingan usai menutup pertandingan dramatis ini dengan skor 60-58.

"Kami merasa para pemain mungkin nervous dan kami berusaha memperbaiki hal itu. Tim ini harus improve lebih lagi ke depannya. Sejauh ini saya menilai bahwa dari segi defense sudah hampir sama dengan tim-tim di IBL," ujar Pejic

Indonesia Patriots kembali menjadi salah tim tamu di IBL 2022 yang dipersiapkan PP Perbasi untuk memperkuat timnas di ajang-ajang internasional. Terdekat mereka punya agenda menuju SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.