Sebut Musik Haram, Ustaz Zacky Mirza Minta Uki Eks Noah Ingat Merdunya Selawat Uje
Uki Ex NOAH (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Uki eks Noah memilih hijrah dan meninggalkan musik. Menurutnya musisi dan musik menjadi pintu pembuka untuk tindakan maksiat. Pernyataan itu diketahui lewat potongan video Youtube @Belajar Sunnah yang diunggah pada 25 Maret 2021 lalu.

Uki lantas mengingatkan para musisi agar menolak menjadi pintu masuk maksiat untuk orang lain.

"Jadi tutup se-tutup-tutupnya auratnya jangan mau jadi pintu maksiat apalagi sekarang anak muda di mana kalian hidup di zaman yang fitnah hanya lebih dahsyat lagi," kata Uki.

Menanggapi pandangan Uki tersebut, Ustaz Zacky Mirza menjelaskan bahwa hukum muslim dalam Islam berbeda-beda oleh para ulama. Pasalnya, musik bukan sesuatu yang mutlak diharamkan dalam Islam seperti makan babi.

"Begitu banyak perbedaan kesamaan muslim ini dalam menilai satu hukum, hukum-hukum yang memang haram dan halalnya itu jelas-jelas mutlak, kalau dalam Islam ini kan makan daging babi, anjing, itu jelas-jelas haram," kata Ustaz Zacky Mirza saat dihubungi Senin, 2 Agustus.

"Tapi ada beberapa hukum yang selisih pendapat. Masih ada khilafiyah, perbedaan pendapat satu ulama dengan ulama yang lain. Mazhab satu dengan yang lain, beda. Termasuk diantaranya adalah musik," sambungnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pandangan seseorang terhadap musik berbeda-beda tergantung latar belakang, cara berpikir, dan lain sebagainya. Ustaz Zacky Mirza menjelaskan bahwa sebagian ulama mengatakan bahwa musik adalah haram. Namun, sebagian ulama lainnya memperbolehkan apabila tujuannya untuk meningkatkan keimanan kepada Tuhan.

"Contoh musik shalawat itu kan buat kita inget Allah. Tergantung orangnya sih, kalau segala syair dalam lagu, bahkan lagu cinta sekalipun, kalau kita bawa syair itu kepada Allah jadi indah. Kalau saya sih berharap buat teman-teman yang hijrah nggak ninggalin musik seutuhnya. Justru menjadikan musik sebagai dakwah, contoh Uje, di mana dia mampu menjadikan musik menjadi media dakwah. Kan keren," papar Ustaz Zacky Mirza.