Dokter Beri Vonis Usia Ustaz Zacky Mirza Tinggal 3,5 Tahun
Ustaz Zacky Mirza (Foto: Savic Rabos, DI: Raga/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah pulih kembali, Ustaz Zacky Mirza mengungkap fakta yang mengejutkan. Ternyata penyakit kekentalan darah yang membuatnya pingsan sudah diketahui tahun 2015. Saat itu Ustaz Zacky Mirza tengah asyik menonton ceramah KH Quraish Shihab karena penyakit yang sama. 

"Kejadian kedua kalinya ini, yang pertama kali tahun 2015 saat itu posisi belum ketahuan penyakitnya," papar Ustaz Zacky Mirza, melalui kanal YouTube Melaney Ricardo, dikutip pada Rabu, 28 April. 

Karena penyakit kekentalan darah itu, setiap bulannya, sang ustaz harus melakukan flebotomi yaitu mengambil darah dengan memasukkan jarum ke pembuluh darah vena. Rupanya, penyakit ini didapat Sang Penceramah dari faktor keturunan. 

Melaney Ricardo dan Ustaz Zacky Mirza (Foto: YouTube/Melaney Ricardo)

"Dokter beritahu saat itu saya ada pengentalan darah, ibu langsung nangis karena kakek meninggalnya imbas itu. Dihilangkan tak bisa, hanya bisa dikontrol. Tiap hari kita mengeluarkan darah supaya dibuang, bukan buat donor," kata Ustaz Zacky Mirza.

Yang mengejutkan, Ustaz Zacky Mirza divonis 3,5 tahun untuk bisa bertahan hidup. "Dokter saat itu vonis usia tinggal 3,5 tahun secara penyakit genetik, produksi sel darah merah kenceng banget," kenangnya. Vonis tersebut membuat ibunya menangis. 

Tapi Ustaz Zacki menanggapi vonis tersebut dengan cara sebaliknya. Bukannya sedih dan menangis, dia justru bersyukur karena sakit itu menjadi motivasi untuk selalu memperbaiki diri. 

Ustaz Zacky Mirza hanya bisa menyerahkan takdirnya kepada sang pencipta dengan ikhtiar menjaga kesehatan. Buktinya, usia Ustaz Zacky sudah melebihi vonis itu sendiri. 

 "Saya bilang kalau mau ambil ya ambil deh, tetapi kalau hidup lebih baik dan saya bisa minta maaf, belajar lagi tentang kebaikan, gimana Allahnya saja deh," tutur Ustaz Zacky Mirza.