Bagikan:

JAKARTA - Ustaz Zacky Mirza yang dikenal sebagai salah satu sahabat dari mendiang Ustaz Jefri Al Buchori alias Uje, baru-baru ini melakukan wakaf Al Quran untuk masyarakat Saritani, Cianjur dalam rangka haul ke-10 almarhum.

Hal tersebut dilakukan setelah Ustaz Zacky Mirza melakukan kunjungan ke salah satu peternakan sapi, yang mana pemilik peternakan tersebut juga memiliki percetakan Al Quran.

“Jadi memang masih terkait dengan haul almarhum Uje yang ke-10. Sebagai sahabat, saya ada niat apa nih, kebaikan-kebaikan yang pahalanya buat almarhum. Kebetulan yang punya ternak sapi ini kan punya percetakan Al Quran, akhirnya saya minta dibawakan beberapa Al Quran buat disedekahin di masjid. Niat pahalanya dari sedekah Al Quran itu buat almarhum Uje,” ujar Ustaz Zacky Mirza di Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Sejak meninggalnya Uje pada tahun 2013 silam, Ustaz Zacky Mirza memang kerap bersedekah untuk membalas kebaikab sahabatnya itu. Ia merasa apa yang ada padanya saat ini, khususnya dalam hal dakwah, dimungkinkan karena Uje yang membukakan jalan sebagai jembatan.

Ustaz 43 tahun itu bercerita bagaimana sosok Uje pernah mengajaknya berkeliling ke berbagai daerah untuk dakwah. Sebelum dikenal luas, Uje bahkan mempersilahkan Ustaz Zacky Mirza untuk memperkenalkan diri sebagai adik dan saudaranya.

“Dan itu ampuh. Nggak lama setelah Uje ceramah, kita pulang tahu-tahu ada yang nelepon, ngajakin ceramah,” kata Ustaz Zacky Mirza menceritakan peran Uje dalam dakwah yang dijalaninya saat ini.

“Pernah juga dikasih kesempatan, dia (Uje) bilang ke produser buat saya jadi host. Setelah jadi host baru diajak live ceramah di mana-mana. Dan itu masih manjang sampai sekarang,” sambungnya.

Dengan banyaknya kenangan yang dijalani bersama Uje, Ustaz Zacky Mirza merasa terdorong untuk terus bersedekah yang pahalanya untuk mendiang Uje, meski ia tahu bahwa sedekah yang dilakukannya tidak pernah membalas kebaikan yang telah dilakukan sahabatnya itu.

“Uje banyak peran untuk dakwah saya saat ini. Makanya kebaikan apapun, tiap tahun yang saya lakukan kayaknya nggak bisa deh ngebalas kebaikan Uje,” kata Ustaz Zacky Mirza.

“Saya cuma bisa berdoa mudah-mudahan Uje diterima segala amal baiknya, dilancarkan perjalanan ukhrawi-nya dan nanti kalaupun sama-sama di surga bisa ketemu lagi dengan almarhum Uje, almarhum Zainuddin MZ, almarhum Arifin Ilham, almarhum Tengku Zulkarnaen dan almarhum ulama laìnnya,” tandasnya.