Tak Cuma Haram, Uki eks NOAH Ibaratkan Musik Seperti Racun
Uki Eks NOAH (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Uki Kautsar atau Uki eks NOAH menjadi perbincangan publik yang luas setelah hijrah dan menyatakan musik haram. Menurutnya, musik juga bisa menjadi pembuka pintu maksiat. Pernyataan itu ditegaskan kembali dalam di kanal YouTube Ustaz Syafiq Riza Basalamah yang bertajuk 'Siapa Bilang Musik Haram'.

Uki eks NOAH mengaku sangat terganggu ketika mendengarkan musik. Ia menganggap musik kini dapat membuatnya kesal.

"Malah yang ana rasakan malah mengganggu. Setelah dengar musik, ada ayat yang hilang, ngerasa seperti itu. Karena kan kita tuh dari dulu sudah dengerin musik. Dulu kan saya di band sudah banyak musik di kepala. Jadi ketika kita di mal, di pesawat, ada dengar lagi tuh kayak keganggu gitu. Tiba-tiba pasti ada saja gitu yang nempel, kesal di hati, itu butuh waktu sekitar semingguan untuk hilang lagi," ujarnya dikutip Selasa, 24 Agustus.

Uki bahkan mengibaratkan musik seperti racun. Ia pun mesti menghilangkan racun itu dengan waktu lama.

"Jadi dia kayak racun yang nempel, agak lama, apalagi dari dulu kita sudah biasa dengar. Jadi mengganggu sih memang terdengarnya, ustaz," lanjutnya.

Keyakinan itu bukan tiba-tiba diperolehnya, Uki eks NOAH meyakini musik haram usai mempelajari selama tiga tahun. Ia mengaku mulanya bertentangan dengan pernyataan mengenai musik tersebut.

"Pengalaman seperti yang tadi ustaz bilang waktu ana ke Jember juga mencoba untuk bersikap adil terhadap diri sendiri pengin dengar pendapat daripada ulama yang mengharamkan dan menghalalkan. Karena selama tiga tahun tuh memang mencari pembenaran terus tentang halalnya musik," tuturnya.

Namun Uki Kautsar merasa pandangan ustaz soal musik halal bertabrakan dengan logika. Sampai akhirnya ia mendapat pencerahan dan meyakini bahwa musik haram.

"Tapi setiap mencari apa yang mereka halalkan tuh selalu bertabrakan dengan logika. Dalam arti ketika mereka banyak pendapatnya contohnya burung itu adalah alat musik, dan segala macam, tapi kita sebagai musisi kalau ke toko musik kita nggak cari burung. Secara logika kita musisi dan penjual alat musik pun banyak yang nggak masuk," katanya.

Keyakinannya bahwa musik adalah haram inilah yang membuat Uki eks NOAH tak ragu mengutarakan pendapatnya. "Pada saat itu sudah nggak ada ruang penolakan, sudah tinggal sekarang mau gimana kamu hasil dari apa yang kamu cari. Bagi saya sudah tak terbantahkan," sambungnya.