Bagikan:

JAKARTA - Dream Theater akan merilis album baru dalam waktu dekat. Ini menjadi proyek pertama sekembalinya Mike Portnoy sebagai drumer pada Oktober 2023.

Portnoy mengabarkan bahwa sesi penulisan lagu berjalan baik, begitu juga rekaman yang masih terus berjalan. Beberapa waktu belakangan, sang drumer juga bolak-balik pergi ke studio rekaman.

"Bagus sekali. Penulisannya sudah selesai. Trek drumku sudah selesai. Gitar sudah selesai. Jadi, minggu ini kami berada di sesi bass,” kata Mike Portnoy saat wawancara dengan The Prog Report baru-baru ini.

“Saya sedang di rumah saat ini. Jadi saya bolak-balik antar studio sesuai kebutuhan. Saya tidak selalu berada di sana 100 persen, tapi saya akan kembali bermain kibor dalam beberapa minggu dan kemudian kita akan mulai vokal,” lanjutnya.

Eks drumer Avenged Sevenfold itu menyebut rekaman adalah proses yang panjang, namun dia menikmati seluruh proses yang dijalani bersama personel Dream Theater.

"Jadi, ya, itu proses yang panjang. Saya sudah lama tidak menghabiskan waktu sebanyak ini untuk membuat album. Dream Theater masih menerapkan gaya lama dimana band berada di studio sepanjang waktu, dan tidak ada orang yang melakukan apapun di rumah secara terpisah,” tuturnya.

“Jadi, ya, ini adalah proses yang lebih lama daripada yang pernah saya alami selama ini. Tapi itu hebat, itu cara lama, itu adalah cara saya membuat rekaman dengan Dream Theater. Saya sudah lama tidak melakukannya, tapi ini bagus, dan prosesnya sangat detail seperti ini. Semua band dan proyek lainnya, semua orang mengerjakan urusan mereka sendiri, tapi ini benar-benar memberikan semacam kesatuan getaran band. Bahkan beberapa minggu yang lalu, James (LaBrie) terbang kembali, datang dari Jepang dan kami menghabiskan waktu berkolaborasi untuk melodi vokal, jadi liriknya bisa ditulis ke dalam melodi-melodi itu,” sambungnya.

“Seperti itulah prosesnya di Dream Theater. Jadi, ya, senang rasanya menjadi bagian dari setiap langkah ini, seperti dulu. Sudah lama sejak saya membuat rekaman dengan cara ini."

Namun begitu, Portnoy tidak bisa memberikan mengenai detail album baru Dream Theater. Satu hal yang dipastikan adalah setiap personel bergembira dengan apa yang dilakukan saat ini.

“Kami semua sangat gembira dengan hal ini, sangat bangga akan hal itu. Dan tidak sabar untuk mengeluarkan beberapa informasi, tapi saya belum bisa melakukannya,” pungkas Mike Portnoy.