13 Tahun Berpisah, Mike Portnoy Kembali ke Pelukan Dream Theater
Mike Portnoy kembali bergabung dengan Dream Theater (X @dreamtheater)

Bagikan:

JAKARTA - Dream Theater mengumumkan kembalinya anggota pendiri, Mike Portnoy, lebih dari satu dekade setelah ia meninggalkan line up raksasa progressive metal dunia ini.

Berita kembalinya dia ke Dream Theater dibagikan oleh pihak band pada Rabu kemarin melalui media sosial.

“Kami sangat senang mengumumkan kembalinya drummer @MikePortnoy ke Dream Theater,” bunyinya.

Dalam postingan tersebut, Dream Theater juga mengonfirmasi formasi baru mereka sudah siap untuk menggarap album studio baru, yang akan menandai album pertama mereka dengan Portnoy sejak Black Clouds & Silver Linings tahun 2009.

Kembalinya Portnoy juga menandai pemulihan formasi klasik 1999/2000 – juga menampilkan penyanyi James LaBrie, gitaris John Petrucci, bassis John Myung dan kibordis Jordan Rudess.

Selama waktu itu, kelima personel ini merekam enam album, termasuk favorit penggemar Metropolis Pt. 2: Scenes From a Memory, Images And Words, dan Train Of Thought. Portnoy kemudian berpisah dengan band ini pada 2011 dan melanjutkan karier untuk bergabung dengan proyek lain termasuk The Winery Dogs, Sons of Apollo dan Adrenaline Mob.

Kembalinya dia ke Dream Theater juga menandai kepergian drumer saat ini, Mike Mangini, yang terpilih untuk bergabung dengan band ini sebagai bagian dari proses audisi publik pada tahun 2011. Sang drumer sebelumnya bermain dengan Annihilator dan Extreme, dan juga menjadi bagian dari band live Steve Vai.

Pada tahun 2005 dia juga mengambil bagian dalam album solo pertama Labrie, dan berhenti dari pekerjaannya di Berklee College of Music di Boston untuk bergabung dengan Dream Theater. Selama 12 tahun sebagai anggota band ini, dia bermain dalam lima album studio.

“Saya memahami keputusan Dream Theater untuk mendapatkan kembali Mike Portnoy saat ini,” ujarnya dalam pernyataan yang dibagikan di situs resmi band tersebut. “Seperti yang dikatakan sejak Hari 1, posisi saya bukanlah untuk mengisi semua peran yang dipegang Mike di band. Saya harus bermain drum untuk membantu band ini terus maju… Kepada para penggemar: terima kasih banyak karena telah menjadi luar biasa bagi saya. Saya menghargai foto-foto yang saya miliki tentang Anda semua yang kehilangan akal dan bersenang-senang. Terakhir, saya sangat mencintai band, kru, dan manajemen serta mendoakan yang terbaik untuk mereka dan seluruh organisasi.”

Anggota yang tersisa juga membagikan pernyataan masing-masing tentang kepergian Mangini di situs tersebut.

“Saya sangat bangga dengan semua musik luar biasa yang kami buat bersama yang berpuncak pada kemenangan Grammy pertama kami tahun lalu… Saya mendoakan yang terbaik untuknya sukses dalam usaha musiknya di masa depan,” tulis Petrucci, sementara LaBrie menggambarkannya sebagai “salah satu drumer paling luar biasa dan berbakat alami yang pernah bekerja bersama saya”.

“Mike Mangini adalah salah satu drumer paling luar biasa di dunia dan saya merasa mendapat kehormatan kami dapat menciptakan keseluruhan karya bersamanya,” tambah Rudess, yang juga berbagi kegembiraannya untuk “menyatukan kembali keluarga inti Dream Theater”. Anggota pendiri John Myung juga menjelaskan bahwa dia “sangat bersemangat melihat apa yang akan diciptakan oleh fase selanjutnya dari Dream Theater di masa depan”.

Berbagi pernyataan di halaman tersebut, Portnoy menulis: “Saya sangat gembira bisa kembali ke rumah dan bersatu kembali dengan saudara-saudara saya! Ada begitu banyak sejarah bersama di antara kami semua… begitu banyak kenangan, begitu banyak musik… tak terasa kami sudah memasuki 40 tahun sejak perjalanan ini dimulai!

“Ide untuk menciptakan musik baru bersama-sama sangatlah menarik dan saya benar-benar tidak sabar untuk memulai dan bermain secara langsung untuk generasi penggemar baru yang belum pernah melihat lineup ini sebelumnya… Tidak ada tempat seperti rumah!”

Meskipun ini adalah pertama kalinya Portnoy menulis musik dengan band ini sejak tahun 2011, ia bekerja sama dengan beberapa anggota sejak saat itu – yaitu dalam album Liquid Tension Experiment 2021, Liquid Tension Experiment 3, dan album solo John Petrucci tahun 2020 Terminal Velocity.

Kabar kembalinya Portnoy muncul hanya beberapa minggu setelah Dream Theater mengungkapkan rencana masuk studio untuk merekam album studio keenam belas mereka akhir tahun ini.

Album studio kelima belas band ini, A View From The Top Of The World dirilis pada tahun 2021 dan merupakan album pertama yang direkam di studio mereka sendiri, DTHQ (Dream Theater Headquarters).