Tonton Videonya, Mike Portnoy Mainkan Pull Me Under untuk Pertama Kalinya dalam 13 Tahun
Mike Portnoy (Instagram @mikeportnoy)

Bagikan:

JAKARTA - Mike Portnoy dari Dream Theater, yang baru-baru ini kembali ke band progressive metal itu setelah absen selama 13 tahun, memainkan Pull Me Under untuk pertama kalinya dalam Drumeo.

Portnoy baru-baru ini ditampilkan dalam video berdurasi 14 menit untuk sumber pendidikan drum YouTube, Drumeo, yang menggambarkan dia berdiskusi dan bermain melalui lagu ikonik Dream Theater dari album ‘Images And Words’, Pull Me Under.

Video itu dimulai dengan Portnoy berbicara tentang pentingnya lagu tersebut bagi karier Dream Theater, menggambarkannya sebagai “lagu yang menempatkan Dream Theater di peta”.

“Bisa dibilang, jika kami tidak menulis lagu ini, saya tidak akan duduk di sini hari ini,” katanya.

Portnoy juga menunjukkan bahwa Pull Me Under adalah tambahan di menit-menit terakhir untuk album mereka yang dirilis pada tahun 1992, atas dorongan dari personel A&R mereka, Derek Oliver, yang menginginkan satu lagu lagi yang "lebih ringkas" untuk ditampilkan di 'Images And Words

Portnoy juga mengungkapkan bahwa memainkan lagu tersebut untuk pertama kalinya sejak kepergiannya pada 2010 tidaklah sulit.

“Bagi saya, memainkan ini sekarang, seperti mengendarai sepeda,” ucap Portnoy. “Ingatan otot ada seumur hidup, tahu? Itu akan ada selamanya.”

Setelah pidato pembukaannya pada lagu tersebut, dia melanjutkan dengan menjelaskan isian drum dari berbagai bagian lagu tersebut, sebelum memainkannya secara keseluruhan.

Pada 25 Oktober, Dream Theater melalui X mengumumkan bahwa Mike Portnoy kembali sebagai drummer mereka. Dalam postingan yang sama, band ini juga mengumumkan bahwa formasi terbaru ini akan merekam album studio baru bersama-sama, menandai rekaman studio pertama band ini dengan Portnoy sejak ‘Black Clouds & Silver Linings’ tahun 2009.

Kembalinya Portnoy mengembalikan Dream Theater ke line up klasik mereka pada tahun 1999 dan 2000, yang terdiri dari Portnoy, vokalis James LaBrie, gitaris John Petrucci, bassis John Myung dan kibordis Jordan Rudess.

Dengan line up ini, Dream Theater merekam enam album studio, dari ‘Metropolis Pt. 2: Scenes From A Memory' hingga 'Black Clouds & Silver Linings' tahun 2009.

Di masa Portnoy jauh dari Dream Theater, ia memproduseri musik dengan berbagai proyek sampingan, termasuk The Winery Dogs - power trio yang juga melibatkan Billy Sheehan dan Richie Kotzen dari Mr. Big - lantas supergrup heavy metal Sons of Apollo, dan Adrenaline Mob, yang dia bentuk bersama Russell Allen dan Mike Orlando.

Terkait