Dipengaruhi Rory Gallagher dan Gary More, Vivian Campbell: Saya Gitaris yang Mengandalkan Fisik
Vivian Campbell (Instagram @defleppard)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam sebuah wawancara baru dengan Sweetwater, gitaris Def Leppard Vivian Campbell ditanya tentang gaya bermain Gary Moore yang memberikan pengaruh besar pada pendekatan bermain gitarnya.

"Intensitasnya. Dia tampil maksimal. Dia berkomitmen untuk bermain," kata Vivian.

"Ada hal tertentu dalam bermain. Saya adalah pemain yang sangat, sangat mengandalkan fisik karena pengaruh saya. Ketika saya mulai bermain gitar, Rory Gallagher adalah album pertama saya, konser pertama, juga konser kedua saya, juga konser ketiga dan keempat saya dan yang kelima, karena tidak ada orang lain yang datang ke Belfast pada tahun 70an," lanjut dia.

"Jadi saya sering melihat Rory di Ulster Hall [Belfast] setiap Natal; dia melakukan serangkaian pertunjukan. Tapi Rory adalah pemain yang sangat fisik. Dia pemain blues. Dia membengkokkan senarnya, senarnya juga berat, harmoniknya mencubit, jadi pendekatan yang sangat berat dengan tangan kanan, palm muting."

"Dan kemudian, ketika saya mengetahui permainan Gary Moore, itu dikalikan 10 atau dikalikan 100, berapa pun - hanya benar-benar, sangat fisik, vibrato yang intens, berat, palm muting."

Vivian menambahkan, ketika dirinya pergi ke Los Angeles pertama kali pada awal tahun 1980an saat merekam album Holy Diver bersama Ronnie James Dio ada begitu banyak pemain gitar hebat.

"Dan sebelum kami on air di sini kami baru saja membahas beberapa pemain gitar hebat di L.A. kami seperti, 'Ya Tuhan. Ini sulit dipercaya. Bagaimana Anda bermain seperti itu?' Dan cara mereka bermain seperti itu karena mereka hampir tidak menyentuh senarnya. Dan saya tidak bisa melakukannya."

"Jadi saya menghabiskan beberapa tahun - tahun pertama saya di L.A. - menjadi sangat frustrasi, mencoba membalikkan gaya saya, karena saya "Saya ingin bermain seperti orang-orang itu. Saya ingin bermain seperti Paul Gilbert, tetapi saya tidak bisa karena saya terlalu kaku atau lemah.