Bagikan:

JAKARTA - Mantan drumer Scorpions, James Kottak, meninggal dunia pada usia 61 tahun. Meski musisi Amerika Serikat itu dikenal sebagai family man, dia pernah dipenjara di Dubai karena menghina agama Islam.

Kottak dijatuhi hukuman satu bulan penjara di Dubai pada April 2014 karena perilaku ofensif.

Dilansir dari BBC, Kottak dihukum karena menghina Islam, mengacungkan jari tengah dan berada di bawah pengaruh alkohol.

Saat itu berusia 51 tahun, Kottak mengaku meminum alkohol namun membantah tuduhan lainnya.

Insiden yang dilaporkan terjadi di bandara Dubai pada 3 April, ketika Scorpions sedang dalam perjalanan ke Bahrain untuk konser.

Kottak ditangkap setelah terjadi gangguan di ruang transit, lapor surat kabar National.

Pengadilan mendengar bahwa dia mulai mengumpat dan berbicara tentang “Muslim yang tidak berpendidikan”, lalu mengacungkan jari tengahnya.

Para saksi juga memberi kesaksian bahwa mereka mendengar Kottak berteriak dirinya emoh bepergian dengan sekelompok penumpang asal Pakistan dan Afghanistan.

Menyangkal tuduhan tersebut, dia berkata: "Saya tidak mengutuk Muslim atau Islam. Saya tidak akan pernah melakukan hal seperti itu bahkan jika saya sedang mabuk," menurut Gulf News.

Namun, dia mengaku meminum alkohol tanpa izin, dan didenda sebesar 550 dolar AS.

Kottak bergabung dengan Scorpions pada tahun 1996. Menyusul berita kematiannya pada Selasa waktu setempat, Scorpions menyampaikan pernyataan duka di media sosial.

"Berita yang sangat menyedihkan...sahabat & drumer kami selama 20 tahun James Kottak meninggal dunia pada usia 61 tahun," tulis Scorpions.

“James adalah manusia yang luar biasa, seorang musisi hebat & pria yang penuh kasih sayang pada keluarga. Dia adalah 'Saudara dari Ibu yang lain' & akan sangat dirindukan.

"Rock'n Roll Selamanya. RIP James".

Putri Kottak, Tobi, mengatakan kepada TMZ bahwa ayahnya meninggal Selasa pagi (di Louisville, Kentucky, tempat dia dilahirkan dan tinggal hingga tahun 1987, meskipun rincian lebih lanjut tentang keadaan sebenarnya tidak diungkap.

Selain Scorpions dan Kingdom Come, Kottak pernah melakukan tur dengan band-band seperti Warrant dan bahkan DIO untuk jangka pendek.

Dia juga terlibat dalam berbagai proyek lainnya, termasuk band Krunk pada 1990an di mana dia berperan sebagai vokalis utama dan bermain gitar.