Bagikan:

JAKARTA - Uli Jon Roth mengungkapkan ada lagu dalam beberapa album awal Scorpions yang tidak dimainkan oleh Rudolf Schenker. Bagi Roth, lebih cepat baginya untuk merekam bagian-bagiannya sendiri.

Sang gitaris lantas mengatakan, lagu-lagu seperti Virgin Killer (1978) dan Taken By Force (1979) tidak menampilkan pendiri Scorpions, Schenker.

Uli mengungkapkan hal tersebut saat berbicara kepada Eonmusic tentang tur Inggris-nya yang akan datang.

Berbicara tentang masa-masanya bersama band hard rock Jerman, Roth mengatakan bahwa lingkungannya sangat harmonis.

“Saya senang berada di Scorpions, jadi kami bersenang-senang,” katanya. "Banyak band jatuh ke dalam perangkap di mana mereka mempersonalisasikan sesuatu dan kemudian ada banyak politik dan perebutan kekuasaan internal. Kami tidak pernah mengalami hal seperti itu. Band ini sangat santai dan lancar, dan kami hanya mengedepankan yang terbaik."

"Kami adalah tim yang sangat, sangat bagus. Tidak pernah ada benturan kepribadian, dan tidak pernah ada rasa iri atau persaingan atau apa pun yang Anda alami. Kebanyakan band menderita karena hal itu, dan kami tidak pernah mengalaminya," dia melanjutkan.

Berbicara tentang keputusannya untuk meninggalkan Scorpions, dia mengklarifikasi bahwa hal itu bukan — seperti yang banyak diberitakan — karena bandnya ingin menuju ke arah yang lebih komersial.

“Alasan sebenarnya adalah saya berkembang sebagai penulis dan musisi sehingga saya merasa membutuhkan platform yang berbeda dan lebih banyak kebebasan,” jelasnya.

"Ya, kerangka Scorpions memungkinkan untuk sesuatu seperti Sails Of Charon, katakanlah, tapi saya mulai menulis hal-hal seperti Earthquake, Anda tahu, Japanese Dream, dan itu adalah lagu-lagu yang tidak ada hubungannya dengan Scorpions," imbuh Roth.

"Tapi itu apa yang ingin saya lakukan; Saya ingin memainkan hal-hal semacam itu. Jadi bagi saya, itu sebenarnya keputusan yang relatif mudah, karena saya tidak terlalu didorong oleh pemikiran tentang kesuksesan; Saya murni didorong oleh dorongan artistik saya, dan itu berlawanan dengan tujuan Scorpions."

Saat berbicara tentang lagu klasik Sails Of Charon Uli mengungkapkan dirinya memainkan semua bagian gitar, serta bass pada lagu-lagu tertentu Scorpions.

"Saya menulis lagu itu di rumah dan kemudian saya pikir kami membuat demo, dan akhirnya kami hanya menjadi dua orang di studio yang melakukannya karena saya juga memainkan bass dan semua gitar ritme pada lagu itu," beber Roth.

"Jadi begitu hanya drumer Herman [Rarebell] dan saya sendiri, dan tentu saja, Klaus Meine pada vokal."

Ketika ditanya, "Jadi, Anda memainkan semua gitar, semua alat musik petik pada rekaman asli lagu itu?", dia menjawab: "Sangat, sangat sering pada lagu-lagu saya, sebagian besar waktu saya memainkan semua gitar, kecuali untuk di album-album paling awal."

"Anda tahu, Rudolf tidak pernah mempermasalahkan hal itu. Mungkin agak rumit untuk memainkannya, karena dia punya gaya yang berbeda. Secara live, dia mengatasinya dengan sangat baik, tetapi di studio, lebih cepat ketika saya melakukannya sendiri, seperti, Polar Nights dan semua jenis lagu ini [seperti] Yellow Raven, jauh lebih cepat untuk memainkannya sendiri."

Sebagai informasi, Roth berada di Scorpions selama lima tahun sebelum meninggalkan grup ini pada tahun 1978, setelah perilisan album ganda live Tokyo Tapes.